Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapan Uang Baru Rp75.000 Beredar di Masyarakat?

Peluncuran uang peringatan Kemerdekaan ke-75 Tahun RI dilakukan secara virtual pada melalui akun Youtube Bank Indonesia. Uang yang dirilis memiliki nominal Rp75.000.
Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI/Istimewa
Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan telah resmi merilis Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia pada Senin (17/8/2020).

Peluncuran tersebut dilakukan secara virtual pada melalui akun Youtube Bank Indonesia. Uang yang dirilis memiliki nominal Rp75.000.

Uang baru tersebut bergambar Proklamator RI Soekarno–Hatta belatar kereta api dan pengibaran bendera saat Proklamasi Kemerdekaan 1945.

Di sisi lain uang ada siluet ragam wajah Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan budaya. Selain itu ada gambar gambar satelit di sebelahnya.

Berdasarkan informasi Tanya Jawab Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI Bank Indonesia, sesuai dengan tujuan pengeluaran Uang Peringatan adalah untuk memperingati Kemerdekaan ke-75 RI.

Oleh karena itu, Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI akan dikeluarkan, diedarkan, dan mulai berlaku sebagai alat pembayaran yang sah tepat pada 17 Agustus 2020.

Dalam sambutannya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan perencanaan serta penentuan jumlah rupiah yang dicetak, khususnya untuk pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI telah melalui koordinasi yang baik antara berbagai pihak, seperti BI, Kemenkeu, Kemensos, Kemensetneg, dan para ahli waris pahlawan.

"Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI juga telah melalui berbagai perencanaan matang yang dilakukan sejak 2018," ujarnya.

Adapun, pencetakan uang baru tersebut tidak lain adalah untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-75, bukan bertujuan untuk peredaran yang secara bebas atau sebagai tambahan likuiditas.

Jumlah yang dirilis pun terbatas. Sri Mulyani menyebutkan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Kemerdekaan RI akan dikeluarkan oleh Bank Indonesia sebanyak 75 juta lembar dan ditandatangani oleh Menteri Keuangan, selaku wakil pemerintah, dan Gubernur Bank Indonesia

Sementara itu, Gubernur BI Perry Warjiyo menuturkan peluncuran tahun ini merupakan kali keempat setelah sebelumnya penerbitan peringatan Kemerdekaan ke-25 Tahun pada 1970, Kemerdekaan ke-45 Tahun pada 1990, dan Kemerdekaan ke-50 tahun pada 1995.

"Ke depan Insya Allah Uang Peringatan Kemerdekaan RI akan dikeluarkan setiap 25 tahun sekali," ujar Perry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper