Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mantan Menkeu Terpilih Menjadi Anggota Dewan Penasihat Bank Dunia untuk Isu Gender

Chatib Basri terpilih bersama 14 tokoh lainnya. Adapun, pemimpin dari dewan penasihat yang fokus membahas isu gender dan pembangunan ini adalah Mari Elka Pangestu yang kini menjabat sebagai Managing Director for Development Policy and Partnership World Bank.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 13 Agustus 2020  |  17:56 WIB
Chairman of Advisory Board Mandiri Institute M. Chatib Basri memberikan kata sambutan di sela-sela penandatanganan kerja sama di Jakarta, Rabu (6/6/2018). - JIBI/Nurul Hidayat
Chairman of Advisory Board Mandiri Institute M. Chatib Basri memberikan kata sambutan di sela-sela penandatanganan kerja sama di Jakarta, Rabu (6/6/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan menteri keuangan Chatib Basri terpilih menjadi anggota World Bank Group Advisory Council on Gender and Development.

Chatib terpilih bersama 14 tokoh lainnya. Adapun, pemimpin dari dewan penasihat yang fokus membahas isu gender dan pembangunan ini adalah Mari Elka Pangestu yang kini menjabat sebagai Managing Director for Development Policy and Partnership World Bank atau Bank Dunia.

Chatib membagikan kabar baik tersebut dalam akun Twitter resminya pada hari ini, Kamis (13/8/2020).

World Bank Group Advisory Council on Gender and Development atau Dewan Penasihat Kelompok Bank Dunia tentang Gender dan Pembangunan adalah badan konsultatif eksternal utama yang membantu Bank Dunia mempromosikan kesetaraan gender, yang menjadi prasyarat untuk mengakhiri kemiskinan ekstrem dan mempromosikan kemakmuran bersama.

Dikutip dari laman Bank Dunia, dewan penasihat ini bertemu dua kali setahun untuk mempertimbangkan kemajuan, dan kendala, kesetaraan gender secara global, dan untuk memberikan umpan balik dan nasihat tentang pekerjaan Bank Dunia di bidang ini.

Anggota juga berkolaborasi dalam proyek yang mempromosikan gender dan pembangunan, dan berkontribusi pada upaya untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu terkait gender dan manfaat bagi masyarakat dan ekonomi untuk meningkatkan peluang bagi perempuan dan anak perempuan.

Sejak dibentuk pada tahun 2011, dewan ini telah membantu memperkuat pekerjaan Bank Dunia untuk menutup kesenjangan antara laki-laki dan perempuan, dan untuk melaksanakan rekomendasi dalam Laporan Pembangunan Dunia 2012.

Dewan ini terdiri dari perwakilan senior pemerintah dari klien dan negara donor Bank Dunia, pemimpin dari sektor swasta dan lembaga masyarakat sipil yang bekerja pada pengerak ekonomi dan kesetaraan gender, dan pakar terkemuka di bidang ekonomi dan gender dan pembangunan.

Keanggotaan dewan ini memiliki jangka waktu 2 tahun dan dapat diperbarui atas kebijakan Ketua Dewan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank dunia chatib basri gender
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top