Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tol Solo-Jogja Gusur Lahan di 10 Desa di Karanganyar dan Boyolali. Ini Daftarnya

Lahan seluas 946.336 meter persegi di 10 desa di Kabupaten Karanganyar dan Boyolali akan tergusur proyek Tol Solo-Jogja. Ini Daftar lokasinya.
Chelin Indra Sushmita
Chelin Indra Sushmita - Bisnis.com 13 Agustus 2020  |  08:33 WIB
Ilustrasi Tol Solo
Ilustrasi Tol Solo

Bisnis.com, KARANGANYAR – Lahan seluas 946.336 meter persegi di 10 desa di Kabupaten Karanganyar dan Boyolali akan tergusur proyek Tol Solo-Jogja.

Sebagian besar lokasi gusuran berada di Kabupaten Boyolali dengan 9 desa, sedangkan di Kabupaten Karanganyar hanya di satu desa.

Pengadaan tanah untuk proyek Tol Solo-Jogja di wilayah Karanganyar dan Boyolali segera dilakukan. Pemprov Jateng telah menetapkan lokasi pengadaan tanah untuk proyek itu berdasarkan keputusan Gubernur.

Keputusan itu termaktub dalam SK Gubernur Jateng Nomor 590/38 Tahun 2020 tanggal 27 Juli 2020. Adapun pengadaan tanah untuk pembangunan Tol Solo-Jogja di Karanganyar dan Boyolali luasnya sekitar 946.336 meter persegi. Adapun lokasinya berada di Desa Ngasem, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, serta sembilan desa di dua kecamatan Boyolali.

Adapun wilayah Boyolali yang terdampak proyek Tol Solo-Jogja adalah Kecamaten Banyudono dan Sawit. Ada lima desa di Kecamatan Sawit yang terdampak, yakni Banyudono, Batan, Kuwiran, Sambon, dan Jembugan. Sementara desa yang terdampak di Kecamatan Sawit adalah Guwokajen, Bendosari, Jatirejo, dan Kateguhan.

Pengadaan tanah di wilayah tersebut dilakukan sejak Agustus 2019 hingga Desember 2020. Sementara pembangunan fisik rencananya dilaksanakan setelah pengadaan tanah selesai.

Lokasi gusuran tol solo-jogja di 10 desa di Karanganyar dan Boyolali

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

boyolali kabupaten karanganyar tol solo-yogyakarta

Sumber : Solopos.com

Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top