Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ada Pandemi, IPC Tunda IPO Pelabuhan Tanjung Priok

Direktur Utama IPC menilai pelepasan saham perdana (IPO) dari Pelabuhan Tanjung Priok tidak bisa dilakukan pada saat pandemi Covid-19.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Juli 2020  |  19:20 WIB
Suasana bongkar muat peti kemas di Jakarta International Container Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/1/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
Suasana bongkar muat peti kemas di Jakarta International Container Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/1/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC memutuskan untuk menunda pelepasan saham perdana (initial public offering/IPO) anak usahanya, PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) karena ketidakpastian kondisi global akibat pandemi Covid-19.

Direktur Utama IPC Arif Suhartono mengatakan penundaan tersebut dilakukan sebab adanya situasi pandemi yang menyebabkan pasar modal bergejolak.

"IPO [PTP] ini tegas saya sampaikan, saya hold karena situasi enggak memungkinkan," katanya dalam diskusi virtual, Jumat (24/7/2020).

Dia menambahkan penundaan tersebut akan dilakukan sampai waktu yang belum ditentukan. Adapun saat ini, perusahaan berfokus mereduksi anggaran untuk menjaga kelangsungan usaha.

Pihaknya menuturkan salah satunya adalah dengan menggenjot tingkat komponen dalam negeri (TKDN) untuk pengadaan alat-alat di pelabuhan hingga 80-90 persen.

"Kami mendorong shifting ke arah domestik untuk mengisi kebutuhan kita," ucapnya.

Rencana IPC untuk melepas saham anak usahanya tersebut telah diungkapkan sejak awal 2019. Perseroan rencananya bakal melepas 30 persen saham dengan target raihan dana Rp450 miliar.

Selain PTP, IPC juga berencana melepas IPC Terminal Peti Kemas. Sebelumnya, IPC telah melepas saham dua anak usahnya ke publik, yaitu PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) pada akhir 2017 dan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) pada 2018.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ipo pelabuhan pelindo ii

Sumber : Tempo.co

Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top