Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Garap Gasifikasi 52 Pembangkit Listrik, PGN Butuh Mitra

PT Perusahaan Gas Negara Tbk. menyatakan membuka peluang untuk mitra strategis dalam proyek gasifikasi 52 pembangkit listrik tenaga diesel milik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 07 Juli 2020  |  04:15 WIB
Loading the player ...
Komisi VII DPR RI Rapat Dengar Pendapat dengan Dirut PT PGN. Video koleksi Youtube DPR RI

Bisnis.com, JAKARTA – PT Perusahaan Gas Negara Tbk. menyatakan membuka peluang untuk mitra strategis dalam proyek gasifikasi 52 pembangkit listrik tenaga diesel milik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Direktur Utama PGN Suko Hartono menjelaskan bahwa pihaknya tengah menyusun penugasan yang tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM No.13/2020 tentang Penugasan Pelaksanaan Penyediaan Pasokan dan Pembangunan Infrastruktur LNG, Serta Konversi Penggunaan BBM dengan LNG Dalam Penyediaan Tenaga Listrik.

Dalam penugasan itu, PGN akan menkonversi pembangkit listrik milik PLN yang sebelumnya berbahan bakar diesel menjadi menggunakan bahan bakar gas dengan pasokan sebesar 150 mmscfd - 300 mmscfd.

“Kami butuh banyak partner investasi besar sekitar US$1,5 miliar,” katanya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR, Senin (6/7/2020).

PGN bakal menggarap proyek tersebut dengan empat tahapan yang telah dimulai pada tahun ini.

Adapun, emiten berkode saham PGAS tersebut akan memulai tahap quick win untuk pembangkit listrik berkapasitas 15 mega watt (MW) yang berlokasi di Tanjung Selor dengan pasokan 0,66 bbtud melalui ISO Tank.

Selanjutnya, pada tahap satu proyek tersebut akan meliputi pembangkit listrik di Krueng, Nias, Cluster Nusra, Cluster Kalimantan Barat, dan Cluster Papua Utara yang memiliki kapasitas 1,164 MW dengan volume pasokan sebesar 96 bbtud.

Pembangkit pada tahap satu tersebut masih dilakukan kajian pada tahap advance dengan status pembangkit dalam tahap beroperasi, commisioning, dan konstruksi.

Pada proyek tahap 2 meliputi pembangkit di Cluster Sulawesi dan Cluster Maluku dengan total kapasitas pembangkit sebesar 278 MW dan total volume pasokan sebesar 33 bbtud. Pembangkit pada tahap 2 ini masih pada tahap awal.

Terakhir, tahap 3 proyek gasifikasi akan masuk pada pembangkit di Cluster Maluku Utara dan Cluster Papua Selatan dengan total kapasitas pasokan 240 MW dan total volume pasokan gas sebesar 19 bbtud. Proyek Tahap 3 ini masih dalam fase tahap awal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN listrik PGN gasifikasi
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top