Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Indonesia Targetkan RCEP Ditandatangani November 2020

Indonesia menargetkan perjanjian Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) pada tahun ini.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 24 Juni 2020  |  15:52 WIB
Menteri Perdagangan RI, Agus Suparmanto menghadiri Pertemuan Intersesi Menteri Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) ke-10 secara virtual yang berlangsung di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (23/6/2020).  - Dok. Kemendag
Menteri Perdagangan RI, Agus Suparmanto menghadiri Pertemuan Intersesi Menteri Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) ke-10 secara virtual yang berlangsung di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (23/6/2020). - Dok. Kemendag

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyatakan Indonesia berkomitmen menandatangani perjanjian Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) pada tahun ini.

Pernyataan ini disampaikan Mendag Agus usai mengikuti Pertemuan Intersesi Menteri RCEP ke-10 yang dilaksanakan secara virtual pada Selasa (23/6/2020). Dia menyebutkan, penandatanganan kerja sama ekonomi komprehensif RCEP dapat dilakukan pada November 2020.

“Indonesia sebagai penggagas sekaligus kooordinator perundingan RCEP dan seluruh peserta lainnya menyampaikan komitmen yang kuat untuk menyelesaikan perundingan RCEP tahun ini,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (24/6/2020).

Dia menilai penyelesaian RCEP tahun ini dapat memberikan harapan untuk pemulihan perekonomian di kawasan regional dan global, memperkuat rantai pasok regional, serta memulihkan kepercayaan terhadap sistem perdagangan internasional yang terbuka dan berlandaskan aturan.

Sementara itu Ketua Komite Negosiasi Perdagangan (Trade Negotiating Committee/TNC) RCEP Iman Pambagyo juga menyampaikan laporan perkembangan perundingan RCEP yang saat ini menuju penyelesaian.

Iman, yang juga menjabat sebagai, Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag mengatakan hampir dapat dipastikan penandatanganan RCEP dilakukan pada November 2020.

Selain itu, Ketua TNC Iman Pambagyo juga menyampaikan kemajuan perundingan akses pasar sejak KTT RCEP tahun lalu yang tinggal menyisakan sedikit pasangan bilateral untuk diselesaikan. Teks perjanjian juga sudah disepakati dan proses konsistensi bahasa hukum (legal scrubbing) sudah hampir selesai.

Dalam pertemuan ini, para Menteri Ekonomi RCEP juga mengapresiasi seluruh TNC yang telah menjalankan perundingan secara intensif dan efektif meski dilakukan secara virtual akibat situasi pandemi saat ini. Menteri Ekonomi RCEP juga memberikan arahan kepada TNC atas isu-isu yang tersisa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemendag rcep kerja sama perdagangan
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top