Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

OJK Petakan Sektor Potensial Losers dan Winners Akibat Covid-19

Sektor yang berpotensi menjadi winners yakni UMKM, pertanian, jasa logistik, jasa telekomunikasi, elektronik, makan dan minuman, kimia farmasi dan alat kesehatan, dan tekstil.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 19 Juni 2020  |  09:51 WIB
Karyawan berada di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan di Jakarta, Jumat (17/1/2020). Bisnis - Abdullah Azzam
Karyawan berada di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan di Jakarta, Jumat (17/1/2020). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan memetakan sejumlah sektor yang menjadi potensial losers dan winners akibat pandemi Covid-19.

Potensial losers yakni sektor pariwisata, konstruksi, transportasi darat laut udara, pertambangan, keuangan, dan otomotif.

Sektor pariwisata dan pendukungnya seperti hotel, restoran, dan transportasi akan terdampak demi menghindari penyebaran wabah Covid-19. Sektor konstruksi terdampak karena pekerjaan yang tertunda, termasuk on going project yang dapat mengalami biaya pembangunan yang lebih besar. Bahkan bangunan dapat menyusut.

Sektor transportasi darat, laut, dan udara terdampak karena turunnya mobilitas manusia di tengah penyebaran Covid-19 dan pembatasan wilayah. Sektor pertambangan terdampak karena ancaman gejolak harga yang disebabkan oleh ketegangan tensi produsen dan ancaman produksi.

Sektor keuangan terdampak karena adanya ancaman turunnya permintaan masyarakat di tengah penyebaran Covid-19 dan ancaman kepailitan bisnis usaha dan ketidakmampuan membayar pinjaman. Jasa keuangan digital payment berpeluang untuk gains.

Terakhir, sektor otomotif terdampak karena ancaman turunnya permintaan masyarakat dengan tendensi untuk menabung di tengah pandemi Covid-19.

"Masih ada sektor yang tumbuhn positif, kita masih punya secercah harapan dan harapan sektor-sektor ini masih bisa dibiayai," kata Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan OJK Heru Kristiyana, Kamis (18/6/2020).

Sektor yang berpotensi menjadi winners yakni UMKM, pertanian, jasa logistik, jasa telekomunikasi, elektronik, makan dan minuman, kimia farmasi dan alat kesehatan, dan tekstil.

Saat ini memamng sektor UMKM dan pertanian masuk dalam sektor losers tetapi masih berpotensi menjadi sektor winners. Sektor UMKM saat ini memiliki ancaman turunnya permintaaan masyarakat tetapi berpeluang untuk diversifikasi produk.

Sektor pertanian mendapat peluang permintaan dengan produksi domestik.

Sementara itu, jasa logistik, jasa telekomunikasi, elektronik, makan dan minuman, kimia farmasi dan alat kesehatan, dan tekstil menjadi sektor yang tetap tumbuh positif. Apalagi di tengan pembatasan fisik, sektor jasa logistik mendukung layanan home delivery service.

Jasa telekomunikasi mendukung aktivitas work from home dan pembelajaran yang dilakukan dari rumah. Elektronik menjadi sumber hiburan baru yang dapat dilakukan tanpa keluar rumah.

Sektor makan dan minimuman menyediakan kebutuhan primer masyarakat dan berpeluang ekspansi layanan seperti pesan antar. Kimia, farmasi, dan alat kesehatan menyediakan kebutuhan primer dlam penanganan Covid-19, terlebih perhatian kebersihan dan imunitas mengalami peningkatan.

Terakhir, sektor tekstil, berpeluang melakukan diversifikasi produk seperti APD dan masker.

"Sektor ini berpeluang dibiayai dan berkembang, dan sektor ini yang bisa dilirik bank sehingga memberikan ruang yang cukup baik," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

OJK sektor riil Virus Corona
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top