Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indeks Keyakinan Konsumen Bulan Ramadan Tahun Ini Masuk Zona Pesimis

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Mei 2020 sebesar 77,8, lebih rendah dibandingkan dengan 84,8 pada April 2020. Padahal, Mei bertepatan dengan Ramadan dan Lebaran yang biasanya momen tersebut menopang kepercayaan konsumen di Tanah Air.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 12 Juni 2020  |  10:42 WIB
Pasar Perumnas Klender diserbu konsumen yang mencari kebutuhan Lebaran seperti daging dan cangkang ketupat, Sabtu (23/5/2020) pagi. - ANTARA/Andi Firdaus
Pasar Perumnas Klender diserbu konsumen yang mencari kebutuhan Lebaran seperti daging dan cangkang ketupat, Sabtu (23/5/2020) pagi. - ANTARA/Andi Firdaus


Bisnis.com, JAKARTA - Optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi di tengah pandemi Covid-19 kian redup. Hal ini tercermin dari Survei Konsumen Bank Indonesia pada Mei 2020 yang dirilis hari ini, Jumat (12/6/2020).

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Mei 2020 sebesar 77,8, lebih rendah dibandingkan dengan 84,8 pada April 2020.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Onny Widjanarko mengungkapkan melemahnya optimisme konsumen terjadi pada seluruh kategori responden, baik menurut tingkat pengeluaran maupun kategori kelompok usia.

Secara spasial, keyakinan konsumen menurun di 14 kota yang disurvei, dengan penurunan terdalam di kota Manado -30,7 poin, diikuti Mataram -27 poin dan Ambon -17,9 poin.

"Melemahnya optimisme konsumen terutama disebabkan oleh menurunnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, dengan penurunan terdalam pada indeks ketersediaan lapangan kerja saat ini," ungkap Onny dalam rilis, Jumat (12/6/2020).

Dikutip dari laporan BI, IKK yang berada di bawah 100 berarti berada di zona pesimis.

Sementara di sisi ekspektasi, konsumen masih relatif optimistis terhadap perkiraan kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang meskipun tidak sekuat perkiraan bulan sebelumnya.

Terbukti, Indeks Ekspektasi Konsumen Saat Ini (IKE) turun menjadi 50,7. Sementara itu, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) masih berada pada zona optimis dengan indeks sebesar 104,9, meski melemah dari 106,8 pada April lalu.

Indeks Keyakinan Konsumen Mei 2020

Sumber: Bank Indonesia

Secara kategori responden, kelompok dengan pengeluaran di atas Rp5 juta per bulan mengalami penurunan IKK terbesar dan secara usia, responden dengan usia di atas 60 tahun mencatat penurunan terdalam.

Di sisi lain, optimisme konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja saat ini pada Mei 2020 semakin menurun, sejalan dengan banyaknya tenaga kerja yang terkena PHK dan dirumahkan oleh perusahaan sebagai dampak pandemi Covid-19.

Berdasarkan data Kementerian Tenaga Kerja yang direkonsiliasikan dnegan BPJS Ketenagakerjaan per 27 Mei 2020, jumlah tenaga kerja yang terdampak pandemi Covid-19 - baik PHK atau dirumahkan - mencapai 1,79 juta pekerja.

Kondisi ini tercermin dalam Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja (IKLK). Indeks menunjukkan penurunan terdalam dari sisi responden SLTA dan Akademi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia indeks keyakinan konsumen
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top