Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pilkada Serentak 2020, Mendagri Minta Tambahan Dana dari APBN Rp1,41 Triliun

Anggaran tersebut secara akumulatif akan dipakai untuk KPUD, Bawaslu, dan pengalaman di 204 kabupaten/kota mencapai Rp1,02 triliun. Sementara itu, anggaran di pusat Rp399 miliar.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 11 Juni 2020  |  15:35 WIB
Pilkada Serentak 2020, Mendagri Minta Tambahan Dana dari APBN Rp1,41 Triliun
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan keterangan pers usai melakukan koordinasi, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/3/2020). ANTARA FOTO - Novrian Arbi

Bisnis.com, JAKARTA--Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian mengajukan tambahan dana sebesar Rp1,36 triliun dari APBN untuk kebutuhan Pilkada Serentak 2020.

"Anggaran secara akumulatif untuk KPUD, Bawaslu, dan pengalaman di 204 kabupaten/kota mencapai Rp1,02 triliun. Sementara itu, anggaran di pusat Rp399 miliar sehingga totalnya Rp1,36 triliun," katanya dalam rapat virtual dengan Komisi II, Kamis (11/6/2020).

Dia mengatakan jumlah tersebut belum mencakup 66 kabupaten/kota yang direncanakan mengikuti agenda Pilkada Serentak 2020. Menurutnya, jumlah anggaran untuk 66 kabupaten/kota masih dihitung oleh KPUD dan Bawaslu di masing-masing wilayah.

Mantan Kapolri tersebut mengungkapkan perhitungan anggaran mengacu pada indeks kluster kapasitas fiskal daerah, yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah.

"Kami menghitung dukungan dari APBN Rp1,411 triliun. yang tersedia dalam d daerah-daerah yang sudah di-trace Rp9,2 triliun," jelasnya.

Tito mengatakan penambahan anggaran tersebut sudah termasuk untuk keperluan penerapan protokol Covid-19, yaitu alat perlengkapan diri (APD), misalnya masker, face shield, jubah atau hazmat untuk penyelenggara dan petugas di lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anggaran kemendagri Pilkada Serentak
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top