Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

APPBI : Belum Ada Tanggal Pasti Pembukaan Mal pada Bulan Ini

Wacana pembukaan mal di awal Juni juga merebak di sejumlah daerah seiring dengan akan berakhirnya masa pembatasan sosial berskala besar dan menjelang penerapan kenormalan baru.
Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Kamis (19/3/2020). Bisnis/Arief Hermawan P
Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Kamis (19/3/2020). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia masih belum memperoleh kepastian terkait dengan rencana pembukaan pusat perbelanjaan atau mal khususnya di DKI Jakarta pada 5 dan 8 Juni mendatang.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya masih menunggu kepastian tersebut dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyusul adanya Surat Edaran Menteri Perdagangan No. 12/2020 tentang Pemulihan Aktivitas Perdagangan yang Dilakukan pada Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) dan New Normal.

"Sampai dengan saat ini belum ada informasi ataupun pemberitahuan resmi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tentang tanggal pasti atau kapan pusat perbelanjaan dapat beroperasional kembali," katanya kepada Bisnis, Selasa (2/6/2020).

Sebelumnya, wacana pembukaan mal pada awal Juni juga merebak di sejumlah daerah seiring dengan akan berakhirnya masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan menjelang penerapan kenormalan baru atau new normal.

Adapun, SE Mendag tersebut mengatur soal protokol kesehatan di mal yang salah satunya penerapan pengaturan sirkulasi dan batasan waktu kunjungan serta jumlah pengunjung maksimal 35 persen dari jumlah kunjungan saat kondisi normal.

Alphonzus mengatakan bahwa pihaknya memaklumi soal belum adanya kepastian dari pemerintah daerah berkaitan dengan rencana pembukaan mal mengingat wabah Covid-19 belum dapat diatasi sehingga faktor kesehatan masyarakat harus tetap menjadi perhatian serius.

Hanya saja, terbitnya SE Mendag yang disertai protokol kesehatan ataupun standar operasional prosedur tersebut memastikan bahwa pusat perbelanjaan siap beroperasi kembali setiap saat.

"[Pengelola] pusat perbelanjaan berharap dapat secepatnya beroperasional kembali karena sudah hampir tiga bulan [sejak penutupan] ini perekonomian benar-benar terpuruk. Kami akan menunggu keputusan resmi dari pemerintah sambil berharap dapat secepatnya untuk beroperasional kembali," tuturnya.

Ketua Umum APPBI Stefanus Ridwan menyatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah soal kesiapan pembukaan kembali sejumlah mal pada 5 Juni meskipun belum ada kepastian kapan pelaksanaan tersebut dimulai.

Sementara itu, dalam catatan APPBI DKI Jakarta, setidaknya ada 60 mal yang siap dibuka pada masa new normal dan empat  mal pada 8 Juni. Namun, keadaan bisa berubah berdasarkan perkembangan terbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper