Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kepercayaan Konsumen Korsel Melonjak dari Level Terendah 11 Tahun

Bank of Korea menyatakan indeks sentimen konsumen naik menjadi 77,6 bulan ini dari 70,8 pada April.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 26 Mei 2020  |  06:51 WIB
Raksasa teknologi asal Korea Selatan Samsung bersama perusahaan telekomunikasi SK Telecom menghadirkan ponsel Quantum. ANTARA/sktelecom.com
Raksasa teknologi asal Korea Selatan Samsung bersama perusahaan telekomunikasi SK Telecom menghadirkan ponsel Quantum. ANTARA/sktelecom.com

Bisnis.com, JAKARTA – Kepercayaan konsumen Korea Selatan melonjak pada Mei dari level terendah sejak krisis keuangan global karena kemajuan dalam pengendalian wabah virus corona sedikit meredakan kekhawatiran terhadap perekonomian.

Dilansir dari Bloomberg, Bank of Korea menyatakan indeks sentimen konsumen naik menjadi 77,6 bulan ini dari 70,8 pada April. Indeks melonjak paling tajam dalam tiga tahun terakhir, tetapi masih tetap di bawah level 100, yang berarti jumlah pesimis jauh melebihi jumlah yang optimis.

"Persepsi rumah tangga terhadap perekonomian dan keuangan pribadi meningkat karena perlambatan dalam kasus Covid-19," kata bank sentral.

Interpretasi bank sentral atas rebound sentimen kepercayaan ini akan menjadi penentu keputusan kebijakan moneter dalam pertemuan yang dilaksanakan hari Kamis (28/5/2020) untuk meninjau kebijakan suku bunga.

Sebagian besar analis sejauh ini memperkirakan penurunan suku bunga sebesar 25 basis poin menjadi 0,5 persen, tetapi beberapa ekonom memperkirakan BOK akan mempertahankan suku bunga.

Penambahan harian infeksi virus corona di Korsel terus menyusut menjadi puluhan, bahkan terkadang satu digit, sejak bulan lalu setelah lonjakan kasus pada bulan Februari.

Penurunan ini membuat pemerintah melonggarkan aturan jarak aktivitas sosial dan mengijinkan kegiatan dan pertemuan publik yang lebih bebas. Namun, kehati-hatian masih tinggi karena adanya lonjakan kasus terkait dengan klaster klub malam.

Laporan BOK menunjukkan sub-indeks kepercayaan rumah tangga terhadap perekonomian secara keseluruhan dan kondisi kehidupan meningkat paling tinggi. Ekspektasi inflasi di tahun 2021 turun 0,1 poin persentase menjadi 1,6 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korea selatan Ekonomi Korsel

Sumber : bloomberg

Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top