Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Usai Idulfitri Ingin Balik ke Jakarta? Anda Wajib Siapkan SIKM

Masyarakat yang hendak kembali atau masuk ke Jakarta usai Idulfitri diwajibkan untuk memiliki Surat Izin Keluar Masuk atau SIKM.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Mei 2020  |  14:39 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono (tengah) didampingi Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin (kiri) memberikan keterangan pers di gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (3/5 - 2020). / ANTARA
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono (tengah) didampingi Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin (kiri) memberikan keterangan pers di gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (3/5 - 2020). / ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat yang hendak kembali atau masuk ke Jakarta usai Idulfitri diwajibkan untuk memiliki Surat Izin Keluar Masuk atau SIKM.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Istiono mengatakan kendaraan atau masyarakat yang boleh masuk kembali ke Jakarta hanya untuk yang memiliki Surat Izin Keluar Masuk.

"Surat Izin Keluar Masuk bila masyarakat yang punya izin keluar masuk, kalau ada boleh masuk. Kalau tidak, putar balik tidak bisa ke Jakarta sebelum dia punya izin sesuai dengan Pergub No. 47 dan SE [Surat Edaran Gugus Tugas]," kata Istiono, Minggu (24/5/2020).

Dia menambahkan Korlantas Polri juga telah menyiapkan penyekatan pada sejumlah titik di jalur arah ke DKI Jakarta. Titik penyekatan itu berada di jalur tol, jalur arteri, jalur antarprovinsi, dan jalur antarkota.

Pihaknya berharap dengan adanya skenario yang telah disiapkan, masyarakat bisa memahami apabila ingin kembali ke Jakarta, maka mereka harus menyiapkan SIKM.

Sementara itu, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono sebelumnya telah mengimbau masyarakat yang tidak memiliki keterampilan atau keahlian bekerja untuk tak datang ke Ibu Kota.

"Masyarakat yang tidak punya keterampilan khusus, tidak punya suatu keahlian diharapkan untuk tidak ke Jakarta. Kenapa? Karena sudah dalam kondisi Covid-19 dan perpanjang PSBB [Pembatasan Sosial Berskala Besar]," ujar Argo dalam konferensi pers daring, Sabtu (23/5/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polri lebaran 2020

Sumber : Tempo.co

Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top