Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sektor Properti Perlu Siapkan Strategi Hadapi Kondisi New Normal

Daya tawar properti, yang termasuk di dalamnya berupa penawaran spesifikasi produk, harga yang kompetitif, dan keunggulan lainnya harus jauh lebih diperkuat secara digital.
Pekerja beraktifitas di proyek pembangunan perumahan di Bogor, Jawa Barat, Senin (30/3/2020). Bisnis/Abdurachman
Pekerja beraktifitas di proyek pembangunan perumahan di Bogor, Jawa Barat, Senin (30/3/2020). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA – Para pengusaha properti nasional dinilai perlu memperkuat daya tawar produknya di tengah pandemi corona dan juga ketika wabah tersebut usai, agar produk tersebut dapat terus diserap oleh pasar dan permintaan perlahan pulih kembali.

Commercial and Business Development Director AKR Land Alvin Andronicus mengatakan bahwa sektor properti juga dihadapkan oleh kebiasaan baru menyambut tatanan hidup baru alias new normal.

Terlebih selama ini, hampir semua penjualan subsektor properti termasuk residensial mengalami penurunan yang cukup signifikan akibat dampak virus corona jenis baru penyebab Covid-19. 

"Prinsip dasar new normal adalah merubah kebiasaan lama ke dalam bentuk kebiasaan baru. Bisnis properti harus menyesuaikan kondisi yang banyak berjumpa fisik dengan cara digital activity," katanya pada Bisnis, Minggu (24/5/2020).

Daya tawar properti, yang termasuk di dalamnya berupa penawaran spesifikasi produk, harga yang kompetitif, dan keunggulan lainnya harus jauh lebih diperkuat guna mencapai kesepakatan proses transaksi meskipun tanpa temu secara fisik.

Apalagi, kata Alvin, media yang digunakan dalam beberapa waktu ke depan di tengah pembatasan sosial dan wacana tatanan hidup baru dipastikan akan melalui sarana digital baik dalam hal promosi dan peluncuran produk baru.

"Show unit yang secara kunjungan fisik dilokasi harus biasakan melalui web secara visual digital dan berupa 360° yang bebas diekpresikan," katanya.

Dalam hal pengenalan produk baru pada publik dan agen, katanya, harus terbiasa secara aktif berkomunikasi melalui aplikasi pesan instan, telepon, dan video conference. Akan tetapi, jika terpaksa harus temu secara fisik maka yang harus diperhatikan adalah protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

"Bisnis harus tetap jalan dan komunikasi dengan pasar harus ke sistem new normal dengan perbanyak aktivitas promosi melalui medsos dan juga buatkan bentuk graphic design yang menarik. Bagaimana pun pasar penjual dan pasar pembeli tetap butuh informasi produk, daya tawar serta transaksi yang bersifat digital," tuturnya.

Dia mengatakan bahwa perubahan sikap pelaku pasar properti tersebut agar bisa tetap mencari peluang meski terimpit ketidakpastian ekonomi akibat wabah virus corona. Dengan segala usaha, maka diharapkan lebih cepat dalam proses penjualan yang lebih efektif dan efisien.

Lagi pula, kata Alvin, zaman sekarang setiap orang sudah terhubung dengan mudah di era digital 4.0 tanpa ada batas waktu dan ruang. Dengan demikian bisnis properti akan memiliki kesempatan yang lebih besar.

"Diharapkan semoga para pengusaha properti lebih cepat bangkit dari perlemahan selama beberapa tahun belakangan ini," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper