Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Antisipasi Dampak Covid-19, ATI Ingin Stimulus dari Pemerintah

ATI terus memantau situasi terkait dengan kinerja bisnis jalan tol.
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 05 Mei 2020  |  10:42 WIB
Foto aerial kendaraan melintas di Tol Jagorawi di Jakarta, Selasa (14/4/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Foto aerial kendaraan melintas di Tol Jagorawi di Jakarta, Selasa (14/4/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi Jalan Tol Indonesia mengharapkan agar pemerintah segera memberi stimulus ekonomi sebagai antisipasi dampak ekonomi wabah Covid-19 terhadap kinerja bisnis jalan tol.

Sekjen Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) Krist Ade Sudiyono mengatakan bahwa asosiasi terus memantau situasi terkait dengan kinerja bisnis jalan tol, termasuk berbagai kebijakan yang membatasi mobilitas kendaraan hingga saat ini.

"Saat ini kami terus memantau situasi tersebut. Stimulus ekonomi dari pemerintah terus kami harapkan," katanya kepada Bisnis, Selasa (5/5/2020).

Dia menambahkan asosiasi juga terus menjalin komunikasi dan koordinasi dengan semua pemangku kepentingan seperti dengan Kementerian PUPR dan Kementerian Keuangan.

"Kami terus mempelajari berbagai kebijakan fiskal dan moneter yang telah dan akan dikeluarkan pemerintah berikutnya," katanya.

Menurut Krist, jika melihat kinerja sektor jalan tol pada kuartal pertama (Januari—Maret 2020) baik dari indikator proses konstruksi maupun dari indikator operasional, dirinya melihat secara fundamental sebenarnya jalan tol masih menunjukkan kinerja yang baik.

"Dalam analisis kami, pandemi Covid-19 baru berdampak secara bisnis terutama di performansi kuartal 2/2020 nanti," katanya.

Hal ini, katanya, terjadi terutama setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan bekerja, belajar, dan beribadah di rumah, pelarangan mudik Lebaran 2020, dan penerapan pembatasan sosial berskal besar yang makin meluas di beberapa lokasi seperti Jabodetabek, kota-kota lain Jawa Barat, Banten, Surabaya Raya dan sekitarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol asosiasi jalan tol
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top