Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Asyik, Kementerian PUPR Bangun Rumah Layak Huni untuk Nelayan

Salah satu lokasi pembangunan rumah khusus untuk nelayan tersebut adalah di Kabupaten Pesisir Selatan Carocok Tarusan yang berada di Provinsi Sumatera Barat.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 28 April 2020  |  11:41 WIB
Nelayan melakukan aktivitas di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta, Selasa (11/6/2019). - Bisnis/Himawan L. Nugraha
Nelayan melakukan aktivitas di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta, Selasa (11/6/2019). - Bisnis/Himawan L. Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus membantu komunitas pekerja informal untuk untuk memiliki rumah yang layak huni. Salah satunya para nelayan yang berada di kawasan pesisir Indonesia.

Salah satu lokasi pembangunan rumah khusus untuk nelayan tersebut adalah di Kabupaten Pesisir Selatan Carocok Tarusan yang berada di Provinsi Sumatera Barat.

“Kami [PUPR] telah menyelesaikan pembangunan 25 unit rumah khusus untuk nelayan di Kabupaten Pesisir Selatan Carocok Terusan. Pembangunannya sudah kami laksanakan pada tahun anggaran 2019 dan saat ini tinggal memasuki proses penghunian,” ujar Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat Nursal melalui siaran pers, Selasa (28/4/2020).

Nursal menjelaskan, seluruh dana pembangunan 25 unit rumah khusus nelayan tersebut bersumber dari APBN senilai Rp2,64 miliar. Kementerian PUPR juga menunjuk PT Rony Putra Abadi sebagai kontraktor pelaksana sekitar lima bulan yakni sejak 19 Agustus 2019 sampai dengan 31 Desember 2019.

“Setelah seluruh proses pembangunan rumah khusus nelayan ini telah selesai, kami melanjutkan dengan menyerahterimakan kunci rumah tersebut kepada Pemerintah Daerah setempat,” imbuh Nursal.

Selanjutnya, Pemda yang akan menentukan siapa saja nelayan yang berhak menghuni rumah khusus tersebut tentunya sesuai dengan peraturan yang ada yakni nelayan yang belum memiliki hunian.

Spesifikasi rumah khusus yang dibangun untuk nelayan di Kabupaten Pesisir Selatan Carocok Tarusan memiliki tipe bangunan 28 meter persegi kopel. Adapun, 25 rumah khusus nelayanan tersebut dibangun di atas lahan seluas 3,7 hektare.

Setiap rumah memiliki dua kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi. Seluruh rumah juga sudah dalam kondisi siap huni karena SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat telah melengkapi kompleks perumahan nelayan dengan fasilitas jalan lingkungan, saluran drainase, listrik, dan jaringan air bersih dari PDAM.

Nursal menambahkan, peruntukkan rumah khusus ini adalah untuk para nelayan yang memang benar-benar layak mendapatkan bantuan rumah dari pemerintah. Adapun sifatnya hanya sementara karena kami berharap setelah mereka bisa meningkatkan kesejahteraannya maka mereka dapat membeli rumah sendiri di masa mendatang.

Saat ini, Nursal juga menyatakan telah melakukan penyerahan rumah khusus tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima kunci kepada Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Pesisir Selatan Carocok Tarusan, Mukhridal.

“Atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Carocok Tarusan menyampaikan terima kasih kepada Ditjen Perumahan Kementerian PUPR serta seluruh jajaran yang telah mengupayakan pembangunan rumah khusus untuk nelayan di sini,” ujar Mukhridal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kementerian PUPR
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top