Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Penutupan Tahap I, Program Kartu Prakerja Tembus 5 Juta Pendaftar

Pendaftaran program kartu prakerja gelombang pertama ini akan ditutup pada hari ini, Kamis (16/4/2020) pukul 16.00 WIB.
Ilustrasi - Kartu Prakerja/ANTARA
Ilustrasi - Kartu Prakerja/ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah pendaftar Program Kartu Prakerja hingga Rabu (15/4/2020) tercatat telah menembus angka 5 juta.

Program ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Padahal Progam Kartu Prakerja baru saja diluncurkan pada Sabtu (11/4/2020).

Sementara itu, jumlah pendaftar yang telah menyelesaikan pendaftaran tercatat sebanyak 1,63 juta orang. Pendaftaran program kartu prakerja gelombang pertama ini akan ditutup pada hari ini, Kamis (16/4/2020) pukul 16.00 WIB.

Penerimaan peserta gelombang pertama akan disampaikan pada hari Jumat 17 April 2020, dan pelatihan dapat digunakan di mitra platform mulai Sabtu 18 April 2020.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menyampaikan peserta yang tergabung dalam gelombang pertama akan diciutkan menjadi 1 juta orang.

Selanjutnya, pendaftaran kartu prakerja akan tetap dibuka setiap minggu dari Senin pukul 08.00 hingga Kamis pukul 16.00. Hingga akhir 2020, direncanakan ada lebih dari 30 gelombang pendaftaran.

“Pendaftaran kartu prakerja akan dibuka setiap minggu dari Senin pukul 8 sampai Kamis pukul 16.00. Jadi, tiap minggu ada gelombang pendafataran program pendaftaran,” katanya.

Adapun, program kartu prakerja merupakan program bantuan biaya pelatihan untuk peningkatan kompetensi, baik pengetahuan keterampilan maupun budaya ataupun sikap kerja.

Untuk merespons Covid-19, program kartu prakerja juga ditujukan sebagai instrumen jaring pengaman sosial untuk meringankan beban hidup dan membantu daya beli masyarakat.

Total anggaran yang disediakan oleh pemerintah untuk tahun ini adalah Rp20 triliun dan jumlah peserta yang ikut bisa mencapai 5,60 juta orang. Masing-masing pendaftar akan mendapatkan bantuan pelatihan dan insentif dngan total nominal sebesar Rp3,55 juta.

Perinciannya, calon peserta Kartu Prakerja akan mendapat bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta. Peserta dapat memilih jenis pelatihan sesuai dengan keinginan, ada sekitar 900 pelatihan yang ditawarkan melalui platform online.

Kemudian, peserta akan mendapat insentif paska pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan yang akan diberikan selama 4 bulan sehingga totalnya Rp2.400.000 per peserta.

Selain itu, insentif survei kebekerjaan juga diberikan sebesar Rp50.000 per survei. Ada 3 kali survei sehingga totalnya Rp150.000 per peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper