Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenko Marves Usulkan 11 Proyek Masuk Daftar PSN

Kemenko Marves mengklaim telah berkoordinasi dengan Komisi Percepatan Pembangunan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) terkait dengan usulan proyek PSN baru.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 16 April 2020  |  11:14 WIB
Ilustrasi pembangunan smelter. - Bloomberg
Ilustrasi pembangunan smelter. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah sedang mempertimbangkan sebanyak 11 proyek baru yang bisa dimasukkan ke dalam daftar Proyek Strategis Nasional karena telah memenuhi sejumlah kriteria.

Plt. Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi Septian Hario Seto mengaku telah berkoordinasi dengan Komisi Percepatan Pembangunan Infrastruktur Prioritas (KPPIP).

"Terkait dengan beberapa usulan proyek yang kami evaluasi dari segi pendanaan, aspek kemampuan investor, dampak terhadap perekonomian, dan aspek tata ruangnya, sudah dapat memenuhi untuk kriteria PSN,” kata Seto dalam siaran pers, Kamis (16/4/2020).

Dia menyebut usulan pertama adalah Kawasan Industri Pulau Obi dengan jumlah tenaga kerja asal Indonesia sebesar 1.978 orang. Saat ini telah memiliki desain smelter rotary kiln electric furnace (RKEF) tahap 2 dengan estimasi investasi sekitar US$800 juta.

Dia menambahkan dalam kawasan ini telah terdapat Smelter RKEF tahap 1 yang telah beroperasi sejak 2016. Investor mayoritas pada proyek ini berasal dari dalam negeri yaitu Grup Harita.

Menurutnya, pembangunan yang signifikan adalah Smelter High Pressure Acid Leaching (HPAL) yang sudah hampir selesai dan diperkirakan Kuartal III/2020 akan beroperasi. Produk smelter dengan investasi US$1 miliar ini adalah MHP (bahan Katoda Lithium Battery), nikel Sulfat, dan Kobalt Sulfat.

Usulan kedua, lanjutnya, adala Weda Bay Industrial Park. Adapun, peresmian operasi untuk smelter dilakukan pada April 2020 dengan rencana total investasi tahun ini sekitar US$4-5 miliar.

“Dua kawasan industri ini yang sudah masuk dalam kategori yang dapat dipertimbangkan dalam PSN. Jika berkenan, keduanya ini akan kami mintakan untuk dilengkapi kekurangannya untuk kemudian masuk dalam daftar proyek PSN," ujarnya.

Sementara, sembilan usulan proyek lain yang telah dievaluasi untuk memastikan investor yang berinvestasi di proyek tersebut memiliki kemampuan finansial dan eksekusi untuk mewujudkan proyek dan bisa selesai sebelum 2024.

Kesembilan proyek tersebut terdiri dari enam proyek smelter, satu proyek pengolahan batu bara menjadi methanol di Kalimantan Timur, proyek Kawasan Industri Methanol, dan pembangunan jalur tol Kediri-Tulungagung.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

proyek strategis nasional (PSN)
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top