Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KAI Uji Coba Angkutan Kereta Barang Pangan Dukung PSBB DKI Jakarta

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang tengah diterapkan Pemerintah provinsi DKI Jakarta perlu didukung dengan distribusi logistik yang efisien, tepat waktu, dan aman.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 10 April 2020  |  20:00 WIB
Kereta Api Angkutan Barang. /KAI
Kereta Api Angkutan Barang. /KAI

Bisnis.com, JAKARTA - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang tengah diterapkan Pemerintah provinsi DKI Jakarta perlu didukung dengan distribusi logistik yang efisien, tepat waktu, dan aman.

Plt VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan angkutan barang pangan menjadi hal yang penting dalam masa PSBB ini. Oleh karena itu, KAI harus mengupayakan distribusi logistik yang andal.

Joni menyebutkan telah melakukan uji coba mengangkut 4,6 ton telur ayam dari Blitar, Jawa Timur ke Cipinang, DKI Jakarta menggunakan kereta barang.

Telur-telur dari Koperasi Petani Telur di Blitar didistribusikan melalui kerja sama antara KAI dan PT Food Station Tjipinang Jaya yang dijembatani oleh Kemenko Perekonomian dan Pemprov DKI Jakarta.

“Uji coba akan dilakukan terus menerus secara bertahap untuk memperoleh metode bongkar muat yang paling efektif dan efisien, mengingat komoditi telur memerlukan penanganan khusus,” jelasnya, Jumat (10/4/2020).

Uji coba angkutan telur perdana telah dimulai sejak 9 April 2020 menggunakan kereta bagasi. Sebanyak 4.620 kg telur ayam atau 75.600 butir telur ayam diberangkatkan dari Stasiun Blitar dan tiba pada 10 April di Stasiun Cipinang.

Joni menambahkan, ke depan ditargetkan setiap perjalanannya angkutan telur dapat membawa sebanyak 20 ton telur ayam dari Blitar ke DKI Jakarta.

Joni berharap kerja sama pengangkutan antara KAI dan PT Food Station Tjipinang Jaya dapat berjalan berkesinambungan dan terus meningkat. Ia pun ingin agar komoditas yang diangkut tidak hanya sebatas telur, tapi juga untuk komoditas beras, gula, sayuran, buah, dan lainnya.

Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan No 9 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19, disebutkan bahwa angkutan untuk makanan dan minuman tidak termasuk dalam pembatasan tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api Angkutan Barang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top