Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PLN Klaim Pasokan Listrik Jawa-Bali Aman

Kendati terjadi kebakaran di fasilitas Central Processing Plant (CPP) Gas Gundih, PT PLN (Persero) pastikan pasokan listrik ke area Jawa dan Bali berada pada posisi aman.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 09 April 2020  |  18:00 WIB
Petugas memasang kabel tegangan tinggi di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (21/3/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Petugas memasang kabel tegangan tinggi di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (21/3/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT PLN (Persero) memastikan pasokan listrik di Jawa dan Bali aman meskipun terjadi kebakaran di fasilitas Central Processing Plant (CPP) Gas Gundih.

Untuk diketahui, CPP Gundih memproduksi gas sebesar 50 MMSCFD yang disalurkan ke konsumen antara lain PT SPP, PLTGU Tambak Lorok Semarang dan PGN Jargas Blora dan Jargas semarang.

Direktur PLN Regional Jawa Madura Bali Haryanto WS mengatakan saat ini pasokan gas dari Gundi sementara berhenti. PLN sendiri masih menunggu perkembangan selanjutnya dari PT Pertamina.

Dia menegaskan pasokan listrik tak mengalami gangguan akibat terbakarnya CPP Gundih. Saat ini masih ada cadangan Compressed Natural Gas (CNG) yang akan dipakai secara hemat sampai pasokan dari Pertamina siap kembali.

"Masih ada cadangan CNG," ujarnya, Kamis (9/4/2020).

Lebih lanjut lagi, Haryanto menuturkan secara sistem, beban listrik di wilayah Jawa Bali mengalami penurunan akibat pandemi Virus Corona (Covid-19). Penurunan itu mulai terasa sejak minggu ketiga Maret dimana beban puncak sistem Jawa Bali turun sebesar 11,2% dari biasanya menjadi 23.700 MW.

Oleh karena itu, apabila Tambak Lorok ini tak beroperasi pun, sistem tetap aman.

"Cadangan kita sangat aman, lebih dari cukup dan cadangan CNG hanya akan dipakai bila diperlukan sampai Pertamina siap kembali," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN listrik gas
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top