Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Corona, AP I Bikin Layanan Pelanggan Virtual

Layanan tersebut merupakan salah satu wujud penerapan physical distancing perseroan di bandara, selain pengaturan jarak minimal satu sampai dua meter di area publik bandara.
Salah satu bentuk layanan pelanggan (customer service) virtual di Bandara Lombok yang dikelola PT Angkasa Pura I./Dok. Istimewa
Salah satu bentuk layanan pelanggan (customer service) virtual di Bandara Lombok yang dikelola PT Angkasa Pura I./Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) menerapkan layanan pelanggan (customer service) virtual di 12 bandara yang dikelolanya untuk tetap memberikan jasa yang optimal tanpa mengurangi upaya pencegahan virus corona (Covid-19).

Direktur Utama Angkasa Pura (AP) I Faik Fahmi mengatakan layanan customer service virtual mampu menghubungkan antara pengguna jasa bandara dengan petugas tanpa berhadapan langsung secara fisik, melainkan melalui perangkat layar monitor. Layanan ini sudah diterapkan sejak 20 Maret 2020.

"Petugas customer service yang semula bertugas memberikan layanan informasi kepada pengguna jasa bandara di gerai, kini ditempatkan secara terpusat di Airport Operation Control Center [AOCC] dengan fasilitas layanan menggunakan teknologi telekonferensi," kata Faik dalam siaran pers, Rabu (1/4/2020).

Dia menambahkan layanan tersebut merupakan salah satu wujud penerapan physical distancing perseroan di bandara, selain pengaturan jarak minimal satu sampai dua meter di area publik bandara. Peluncuran layanan ini juga bentuk upaya perusahaan untuk membuat pengguna jasa tetap merasa nyaman ketika berinteraksi dengan petugas bandara di tengah situasi pandemi.

Pihaknya menuturkan interaksi antara pengguna jasa dengan petugas dilakukan melalui layar monitor yang disediakan. Adapun, panduan penggunaan layanan telah disediakan pada layar monitor untuk memberikan kemudahan.

Faik menyebutkan jumlah titik lokasi layanan customer service virtual berbeda di masing-masing bandara, bergantung pada luas dan kepadatan.

Contohnya, Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar terdapat lima titik layanan, yakni di terminal penumpang yaitu lobi terminal keberangkatan internasional, lobi terminal kedatangan internasional, ruang tunggu terminal keberangkatan internasional, area konter check-in terminal keberangkatan domestik, dan ruang tunggu terminal keberangkatan domestik.

"Kami mengimbau kepada pengguna jasa bandara agar mengikuti imbauan dan aturan terkait pencegahan penyebaran Covid-19, seperti menjaga jarak minimal dengan orang lain di area bandara, rajin menggunakan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer demi kenyamanan dan kesehatan bersama," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper