Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dampak Corona, Transaksi Properti Sewa di Rentfix Menurun

Transaksi properti sewa di Rentfix mencatatkan penurunan akibat virus Corona. Namun, tren penurunan itu diperkirakan hanya bersifat sementara.
Ilham Budhiman
Ilham Budhiman - Bisnis.com 30 Maret 2020  |  16:48 WIB
Sejumlah gedung bertingkat di Jakarta. Bisnis - Himawan L Nugraha
Sejumlah gedung bertingkat di Jakarta. Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan marketplace properti Rentfix.com mencatatkan adanya penurunan dalam segi transaksi sewa properti dalam beberapa waktu belakangan ini.

Direktur PT Real Estate Teknologi (Rentfix.com) Effendy Tanuwidjaja mengatakan bahwa penurunan transaksi pasar sewa tersebut dipengaruhi oleh pandemi virus corona jenis baru atau Covid-19.

"Penurunan transaksi sewa properti di Rentfix di tengah pandemi Covid ada penurunan," kata Effendy kepada Bisnis, Senin (30/3/2020).

Meskipun demikian, dia tak menyebut berapa persen angka penurunan tersebut. Namun, sejalan dengan itu dia mengklaim bahwa di situasi seperti saat ini banyak pemilik properti justru memasarkan unitnya untuk disewakan di platform Rentfix.

Effendy mengatakan bahwa properti akan tetap menjadi kebutuhan yang dicari dan diperlukan oleh masyarakat. Oleh sebab itu, di tengah situasi yang serba tak pasti seperti saat ini, digital ekonomi memiliki peran yang sangat penting.

"Masyarakat akan tetap mengandalkan dan membutuhkan perusahaan teknologi properti untuk berbagai keperluan tempat tinggal [di situasi pandemi seperti saat ini]," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) Lukas Bong mengakui bahwa pasar properti di tahun ini tengah mengalami tantangan hebat akibat merebaknya virus Corona yang turut memukul sektor properti.

Lukas menyatakan bahwa saat ini masyarakat akan lebih cenderung menyimpan dananya untuk sekedar jaga-jaga di kemudian hari. Selain itu, masyarakat juga lebih mementingkan kebutuhan barang kebutuhan pokok seiring akan datangnya bulan Ramadan pada April mendatang.

Sejalan dengan itu, semua sektor pasar properti jelang Ramadan pun akan turut terkena imbas sehingga sektor ini tak akan terkerek secara signifikan. Lagi pula, kekinian daya beli masyarakat cenderung menurun terlebih untuk kalangan investor.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis properti Virus Corona covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top