Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

INACA Minta Insentif, Kemenhub Masih Koordinasi

Kemenhub akan berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait permintaan insentif yang diajukan oleh Asosiasi Maskapai Nasional Indonesia (INACA).
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 26 Maret 2020  |  20:51 WIB
Gedung Kementerian Perhubungan. - Dok. Istimewa
Gedung Kementerian Perhubungan. - Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan akan berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait permintaan insentif yang diajukan oleh pengusaha bisnis penerbangan di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Kepala Bagian Kerja Sama Internasional Humas dan Umum Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub F. Budi Prayitno mengaku masih menunggu arahan dari sejumlah pemangku kepentingan sebelum mengambil tindakan lebih lanjut.

"Kami menunggu arahan pimpinan, sedang dikoordinasikan dengan kementerian/lembaga terkait dan unit kerja terkait. Nanti kami update," jelasnya, Kamis (26/3/2020).

Sebelumnya, Indonesia National Air Carriers Association (INACA) berharap pemerintah memberikan keringanan dan insentif dari pemerintah di tengah pandemi yang menyulitkan bisnis penerbangan.

Ketua Umum INACA Denon Prawiratmadja mengklaim sejumlah maskapai sudah mengurangi frekuensi rute penerbangan dan kapasitas penumpang hingga 50 persen atau lebih. Diprediksi realisasi jumlah penumpang akan menurun drastis sepanjang bulan ini.

"Sejumlah keringanan yang kami harapkan adalah penundaan pembayaran PPh, penangguhan bea masuk impor suku cadang, serta penangguhan biaya bandara dan navigasi yang dikelola BUMN," kata Denon dalam siaran pers.

Dia menambahkan insentif lain adalah pemberlakuan diskon biaya kebandarudaraan yang dikelola Kementerian Perhubungan, dan perpanjangan jangka waktu berlakunya pelatihan simulator maupun pemeriksaan kesehatan bagi awak pesawat. Biaya kebandarudaraan ini adalah tarif pelayanan jasa pendaratan, penempatan, dan penyimpanan pesawat udara (PJP4U).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub Virus Corona inaca
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top