Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Corona Mewabah, Kemenhub Akan Batalkan Mudik Gratis?

Keputusan final apakah memungkinkan atau tidak mudik gratis ini akan dibahas pada Kamis (19/3/2020), setelah mengadakan rapat dengan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 18 Maret 2020  |  22:08 WIB
Penumpang kereta api Tawang Jaya Lebaran tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (8/6/2019). Pada H3 lebaran 2019, arus balik pemudik yang tiba di Stasiun Pasar Senen mulai mengalami peningkatan. - Antara
Penumpang kereta api Tawang Jaya Lebaran tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (8/6/2019). Pada H3 lebaran 2019, arus balik pemudik yang tiba di Stasiun Pasar Senen mulai mengalami peningkatan. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hingga saat ini menyatakan belum ada rencana untuk membatalkan kegiatan Mudik Gratis Bus dan Kapal Penyeberangan dalam rangka Angkutan Lebaran 2020.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengaku masih membuka pendaftaran mudik gratis mulai 23 Maret untuk bus dan 1 April untuk Kapal Penyeberangan.

“Saat ini karena belum ada arahan untuk lockdown atau karantina wilayah dari Presiden, jadi kami masih akan melanjutkan program mudik gratis dengan bus dan kapal penyeberangan sesuai jadwal awal," jelasnya Rabu (18/3/2020).

Namun, keputusan final apakah memungkinkan atau tidak mudik gratis ini akan dibahas pada Kamis (19/3/2020), setelah mengadakan rapat dengan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi selaku Menteri Perhubungan Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan.

Meski demikian, Budi memahami kegelisahan sebagian masyarakat akibat pandemi virus Covid-19 yang melanda wilayah Indonesia. Sementara, untuk meminimalisir dampak penularan Covid-19 saat mudik gratis pihaknya akan melakukan pembatasan jumlah penumpang.

“Kami amat mengerti kondisi yang sedang dialami oleh negara kita yaitu pandemi Covid-19 dan saat ini kami berusaha sedapat mungkin untuk menerapkan pembatasan sosial [social distancing]," jelasnya.

Pihaknya menuturkan jumlah penumpang akan dikurangi dalam mudik gratis kali ini sebagai konsekuensi untuk tetap menjaga jarak antar penumpang di dalam bus maupun kapal penyeberangan. Namun untuk detil jumlah penumpang masih dalam pembahasan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub Virus Corona lebaran 2020
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top