Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Traveloka Terima Lonjakan Permintaan Pembatalan Perjalanan

Adanya peningkatan permintaan refund/reschedule yang sangat signifikan, maka pengguna diimbau untuk melakukan via aplikasi.
Model menunjukan aplikasi Traveloka di Jakarta. Bisnis/Dedi Gunawan
Model menunjukan aplikasi Traveloka di Jakarta. Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Traveloka, salah satu online travel agent (OTA), mengaku menerima lonjakan permintaan pembatalan perjalanan dan pengembalian dana dari penggunanya sebagai dampak pandemi virus Corona (Covid-19).

Chief Marketing Officer Traveloka Dionisius Nathaniel mengungkapkan adanya peningkatan signifikan pembatalan perjalanan di platform pemesanan seiring dengan penyebaran virus corona yang semakin meluas.

“Saat ini, kami tengah mengalami lonjakan yang sangat signifikan terkait permintaan pembatalan perjalanan serta pengembalian dana,” ujar Dionisius, Rabu (18/3/2020).

Dia mengaku telah meningkatkan layanan Customer Service guna memfasilitasi pengguna yang hendak melakukan perubahan jadwal ataupun pembatalan perjalanan. Peningkatan layanan tersebut dilakukan dengan memprioritaskan permintaan dari para pengguna yang memiliki tanggal keberangkatan dan/atau pemesanan terdekat.

Pengguna yang ingin membatalkan perjalanan, lanjutnya, dapat mengajukan refund melalui beberapa kanal yang disediakan atau langsung menghubungi Traveloka. Namun, dikarenakan adanya peningkatan permintaan refund/reschedule yang sangat signifikan, maka pengguna diimbau untuk melakukan via aplikasi.

Pihaknya menjelaskan refund dapat dilakukan pada bagian My Booking atau Pesanan, kemudian pilih Refund pada tiket pemesanan serta mengisi data yang dibutuhkan untuk pengajuan pengembalian dana, agar lebih memudahkan pengguna dan Traveloka dalam memproses pengembalian dana.

“Kami juga ingin menginformasikan bahwa pengguna yang ingin melakukan refund untuk memerhatikan pesanannya, terutama untuk pemesanan dengan destinasi tujuan yang masih menerima kunjungan dari wisatawan,” ujarnya.

Pada sistem pemesanan tiket di Traveloka terdapat beberapa tipe status tiket yaitu Bisa Refund. Tidak Bisa Refund, Bisa Reschedule, Tidak Bisa Reschedule, dan khusus untuk tiket pemesanan akomodasi terdapat tipe Free Cancellation. Sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, bagi para pengguna yang memiliki status tiket Bisa Refund atau Free Cancellation dapat melakukan pengajuan refund.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper