Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Daftar Bendungan Potensial untuk Pembangkit Listrik

Fauzi menambahkan terdapat 18 bendungan dengan potensi daya berlokasi di Pulau Jawa, Bali, Lombok, Lampung, dan Sumatra.
Suasana di Bendungan Rajui, Aceh, Sabtu (22/2/2020). Bendungan ini berkapasitas 2,67 juta meter kubik  untuk mengairi areal persawahan seluas 1.000 hektare yang berlokasi di Kabupaten Pidie yang telah diselesaikan pembangunannya pada 2016. Kementerian PUPR menargetkan delapan bendungan yang menjadi Program Strategis Nasional (PSN)  dapat rampung pada 2020. Bisnis-Agne Yasa.
Suasana di Bendungan Rajui, Aceh, Sabtu (22/2/2020). Bendungan ini berkapasitas 2,67 juta meter kubik untuk mengairi areal persawahan seluas 1.000 hektare yang berlokasi di Kabupaten Pidie yang telah diselesaikan pembangunannya pada 2016. Kementerian PUPR menargetkan delapan bendungan yang menjadi Program Strategis Nasional (PSN) dapat rampung pada 2020. Bisnis-Agne Yasa.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengungkapkan terdapat banyak bendungan yang potensial dikembangkan sebagai pembangkit listrik tenaga mikrohidro. Adapun selama ini terhambat proses lelang ganda.

Direktur Bina Penatagunaan Sumber Daya Air Ditjen SDA Kementerian PUPR Fauzi Idris mengatakan dengan dibukanya keran oleh Kementerian ESDM supaya tidak ada lelang ganda maka akan memacu pengembangan energi listrik lewat tenaga air ke depan.

Kementerian PUPR, ujarnya, akan menyiapkan lelang bendungan yang berpotensi untuk tenaga listrik.

“Lelangnya bertahap. Permen itu turun, clear and clean, [dari sekitar] 46 sumber potensi yang 18 siap kami launching untuk dilelangkan berikutnya, ada yang sudah selesai, ada yang akan selesai 2020 dan 2021, akan ada [lelang], kemarin tertahan saja,” katanya kepada Bisnis, akhir pekan ini.

Fauzi menekankan pada dasarnya pembangunan bendungan tetap berdasarkan fungsi yang ada di Kementerian PUPR yaitu untuk irigasi, air baku, dan pengendalian banjir sedangkan fungsi sebagai tenaga listrik yang potensial akan dilelangkan.

Adapun keenam bendungan yang berpotensi PLTMH dan telah dilelang tersebut yaitu Bendungan Gerak Serayu, Bendungan Jatibarang, Bendungan Gerak Batanghari, Bendungan Pandan Duri, Bendungan Titab, dan Bendungan Karet Jatimlerek.

Fauzi menambahkan terdapat 18 bendungan dengan potensi daya berlokasi di Pulau Jawa, Bali, Lombok, Lampung, dan Sumatra.

Di Jawa Barat yaitu Bendungan Jatigede di wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung. Kemudian, di Jawa Tengah yaitu Bendungan Jati Barang di wilayah sungai Jratunseluna dan Bendung Gerak Serayu di wilayah Sungai Serayu-Bogowonto.

Kemudian di Jawa Timur, Bendungan Karet Jatimlerek, bendung gerak Lengkong Baru, Bendung Menturus, Bendung Mrican, Bendung Turi, Bendungan Wlingi, Bendungan Karang Kates, dan Bendungan Gerak Lodoyo di wilayah Sungai Brantas.

Selain itu, di wilayah Sungai Bali-Penida yaitu Tukad Unda 1 dan 2 dan Bendungan Titab.

Bendungan Pandan Duri di Lombok, Bendungan Batutegi di Lampung dengan wilayah Sungai Seputih Sekampung.

Kemudian, Bendungan Gerak Perjaya di Sumatera Selatan dengan wilayah sungai Musi-Sugihan-Banyuasin-Lemau.

Selanjutnya, Bendung Gerak Batanghari di Sumatra Barat dengan wilayah sungai Batanghari.

Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja mengatakan skema KPBU dapat digunakan pada bendungan yang memiliki potensi tenaga listrik.

“KPBU memungkinkan kalau ada tenaga listrik biasanya ketertarikannya di situ, jadi skala ekonomi untuk PLTA. Ada yang di Kalimantan Utara yang mau dibikin, tapi swasta, memang tujuannya untuk hydro power,” katanya ketika kunjungan ke Bandara Rukoh di Kabupaten Pidie, Aceh, beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan infrastruktur bendungan yang dibangun Kementerian PUPR, pada dasarnya berfungi untuk irigasi, air baku, dan pengendalian banjir. Kalaupun ada untuk listrik yaitu PLTMH dengan skala kecil.

“Kalau toh ada PLTMH kecil, jadi beda fungsinya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agne Yasa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper