Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sedikit Lagi, SPAM Umbulan Bisa Beroperasi Maksimal

Pembangunan SPAM Umbulan telah menyentuh 97 persen dan ditargetkan tuntas pada 30 Maret 2020.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 23 Februari 2020  |  18:05 WIB
Petugas mengecek pompa utama Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (15/11/2018). - ANTARA/Zabur Karuru
Petugas mengecek pompa utama Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (15/11/2018). - ANTARA/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA - Konstruksi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan telah mencapai 97 persen. Artinya, sebentar lagi SPAM ini akan beroperasi secara maksimal.

Kendati demikian, SPAM Umbulan yang berlokasi di Winongan, Pasuruan ini sudah diresmikan pada akhir Desember 2019.

Kepala Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Bambang Sudiatmo mengatakan bahwa pembangunan SPAM Umbulan telah menyentuh 97 persen dan ditargetkan tuntas pada 30 Maret 2020.

"Kontruksi SPAM Umbulan sudah mencapai 97 persen dan saat ini masih menyempurnaan konstruksi pada beberapa titik offtake di Surabaya dan Sidoarjo," katanya kepada Bisnis, Jumat (21/2/2020).

Bisnis mencatat sisa pekerjaan konstruksi masih menghadapi isu perizinan pemasangan pipa di beberapa lokasi di sekitar Kandangan Surabaya.

Proyek SPAM Umbulan merupakan proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang menelan investasi Rp2,05 triliun.

Jika sisa pekerjaan tersebut tuntas sesuai rencana yakni pada Maret mendatang, SPAM Umbulan mempu menyediakan air minum dengan kapasitas besar yakni 4.000 liter per detik. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

spam spam umbulan
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top