Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiket Kereta Api Lebaran Bisa Mulai Dipesan 14 Februari 2020

Tiket kereta api untuk masa Angkutan Lebaran 1441 H bisa mulai dipesan pada 14 Februari 2020. Pemesanan dapat dilakukan di web KAI, aplikasi KAI Access, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.
Penumpang memasuki peron di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (1/6/2019)./ANTARA FOTO-Galih Pradipta
Penumpang memasuki peron di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (1/6/2019)./ANTARA FOTO-Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah mengumumkan waktu penjualan tiket kereta untuk masa Angkutan Lebaran 1441 H. Waktu penjualan dimulai H-90Lebaran, alias 14 Februari 2020—atau tiga hari lagi dari sekarang.

Penjualan tiket lebaran tersebut dapat dilakukan melalui web KAI, aplikasi KAI Access, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya. Sesuai jadwal, tiket kereta api sudah dipesan mulai pukul 00.00 WIB. Tiket untuk keberangkatan H-10 Lebaran atau 14 Mei 2020 dan seterusnya. “Sudah mulai bisa dipesan,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/2/2020).

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, sebagai langkah antisipasi meningkatnya jumlah pengunjung channel penjualan tiket, KAI telah mengoptimalkan sistem penjualan tiket. Yaitu dengan menambah kapasitas server dan bandwidth sebanyak dua kali lipat dari hari biasa. Hal ini bertujuan agar proses pemesanan tiket di seluruh channel dapat berjalan dengan lancar.

“Pastikan pemesanan tiket Lebaran melalui channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerjasama dengan KAI. Tujuannya untuk menghindari penipuan, gangguan sistem, atau adanya biaya jasa yang tidak wajar,” ujarnya.

Dia menambahkan, saat akan memesan tiket lebaran, pastikan koneksi internet stabil, siapkan juga rute atau tanggal alternatif perjalanan, serta cek ketersediaan tiket secara berkala.

Di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya, terdapat 33 KA reguler jarak Jauh dan Menengah. Pemberangkatan awal bisa dipesan mulai 14 Februari 2020 untuk keberangkatan pada tanggal 14 Mei 2020 (H-10 sebelum lebaran).

Perjalanan kereta api reguler dari Surabaya terdiri dari 8 KA kelas Eksekutif dengan kapasitas 3.338 tempat duduk, 11 KA kelas ekonomi dengan kapasitas 8.526 tempat duduk dan 14 KA kelas Campuran dengan kapasitas 7.984 tempat duduk. Total dari 33 perjalanan KA reguler jarak jauh atau menengah tersebut tersedia total tempat duduk sebanyak 19.848 tempat duduk.

Sedangkan untuk kereta api reguler jarak jauh atau menengah yang melintas di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya terdapat 8 kereta api yang terdiri dari 2 kereta api ekonomi dengan kapasitas 1.272 tempat duduk, dan 6 KA kelas campuran dengan kapasitas 3.664 tempat duduk. Total tempat duduk yang tersedia dari 8 KA reguler jarak menengah/jauh yang melintas sebanyak 4.936 Tempat duduk.

"Kami menghimbau agar masyarakat bisa merencanakan liburan pada masa angkutan Lebaran tahun ini sebaik mungkin, " ujar Suprapto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Andya Dhyaksa
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper