Gara-gara Virus Corona, Belasan Perusahaan Penerbangan Batal Ikut Singapore Airshow 2020

Penyelenggara agenda tersebut Experia Event, mencatat setidaknya 15 perusahaan aviasi dari empat negara tidak akan mengikuti pameran dua tahunan ini. China mendominasi daftar perusahaan penerbangan yang tidak mengikuti agenda itu.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 05 Februari 2020  |  06:33 WIB
Gara-gara Virus Corona, Belasan Perusahaan Penerbangan Batal Ikut Singapore Airshow 2020
Pesawat Singapore Airlines terbang melewati pesawat Scoot di Singapore Airshow, Changi Exhibition Center, Singapura pada Februari 2016. - Reuters/Edgar Su

Bisnis.com, JAKARTA - Belasan perusahaan aviasi di sejumlah negara memastikan diri tidak akan mengikuti Singapore Airshow 2020 di Changi Exhibition Centre pada 11 - 16 Februari 2020. Kondisi itu disebabkan kian meluasnya penyebaran virus corona di sejumlah negara.

Penyelenggara agenda tersebut Experia Event, mencatat setidaknya 15 perusahaan aviasi dari empat negara tidak akan mengikuti pameran dua tahunan ini. China mendominasi daftar perusahaan penerbangan yang tidak mengikuti agenda itu. 

Kondisi ini turut dipengaruhi kebijakan Singapura untuk menutup akses bagi turis atau pengunjung yang berasal dari China, negara pertama ditemukannya virus corona.  

Selain itu, beberapa perusahaan dari negara lain menyatakan tidak mengikuti pameran adalah Amerika Serikat, Jerman dan Kanada. Di sisi lain, Angkatan Udara Korea Selatan juga mengonfirmasi bahwa tim aerobatic Black Eagles tidak akan berpartisipasi di Singapore Airshow 2020. 

Upaya Korea Selatan itu diyakini sebagai tindakan pencegahan yang lebih luas terhadap novel coronavirus.

Direktur Pelaksana Experia Event Leck Chet Lam mengatakan pada pekan depan, pihaknya akan fokus memberikan pertunjukan dengan tetap memastikan keamanan seluruh peserta yang akan hadir. 

“Selama periode ini, kami akan terus bekerja dengan otoritas terkait dan melakukan yang terbaik untuk menawarkan dukungan kepada peserta pameran, mitra, dan pengunjung yang membutuhkan bantuan,” katanya melalui keterangan resmi yang diterima Bisnis, Selasa (4/2/2020).

Di samping itu, Singapore Airshow Aviation Leadership Summit (SAALS) 2020, program Airshow yang melibatkan 300 pemimpin penerbangan juga batal dilaksanakan. 

Langkah itu diambil mengingat banyak pemimpin penerbangan akan sangat terlibat dalam memberi respon terhadap wabah itu. Mereka diyakini akan fokus pada penanganan situasi yang sedang berlangsung. 

“Experia Event tetap bersedia untuk mengimplementasikan tindakan lebih lanjut yang disempurnakan seperti yang disyaratkan oleh pihak berwenang dan akan memberikan pembaruan berkala lebih lanjut menjelang Singapore Airshow 2020,” tuturnya.

Daftar peserta pameran yang telah mengonfirmasi non-partisipasi dalam Singapore Airshow 2020 (data terakhir 4 Februari 2020)

Kanada

1. CAE

2. Bombardier

China 

3. Ampaire Inc

4. Acevision

5. Ameco Beijing

6. Beijing Implant Science & Technology

7. China Aviation Industrial Base

8. China National Aero-Technology Import & Export

9. Commercial Aircraft Corporation of China, Ltd (COMAC)

10. Shandong Stopart Brake Materials

11. United Enterprise Group

12. Zhuhai Airshow Company

Jerman 

13. Stemme

Amerika Serikat 

14. Gulfstream

15. Textron Aviation

 

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
singapura, virus corona, singapore airshow

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top