Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mendag: Tidak Semua Hewan Hidup dari China Dilarang

Kementerian Perdagangan hendak menghentikan impor hewan hidup tertentu dari China ke Indonesia. Jenis hewan yang dilarang akan ditentukan melalui peraturan menteri perdangangan yang saat ini tengah disiapkan.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 05 Februari 2020  |  19:39 WIB
Ilustrasi: Kura-kura Ambon (Coura Amboinensis). Pemerintah sementara melarang impor reptil termasuk kura-kura dan ular dari China - Antara/Rony Muharrman
Ilustrasi: Kura-kura Ambon (Coura Amboinensis). Pemerintah sementara melarang impor reptil termasuk kura-kura dan ular dari China - Antara/Rony Muharrman

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan hendak menghentikan impor hewan hidup tertentu dari China ke Indonesia. Jenis hewan yang dilarang akan ditentukan melalui peraturan menteri perdangangan yang saat ini tengah disiapkan.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan bahwa hal itu sesuai dengan arahan dan putusan dalam rapat terbatas (ratas) yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Selasa (4/2/2020).

“Sementara kan disetop yang hewan liar impor-impor itu biar aman lah ya. Kami keluarkan segera [permendag],” kata Agus di Istana Presiden, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Agus memberikan contoh jenis hewan liar yang dilarang adalah reptil, seperti kura-kura dan ular. Namun hal ini tidak berlaku apabila hewan liar tersebut sudah dalam bentuk olahan karena telah melalui proses hilirisasi. 

Nantinya kebijakan tersebut dievaluasi setiap bulan. Apabila kondisinya sudah memungkinkan, Kemendag akan mencabut larangan tersebut. 

Seperti diketahui China menjadi pusat penyebaran virus Corona. Hingga Rabu (5/2/2020) pukul 17.48 WIB, 99 persen pasien positif Corona atau 24.384 orang berasal dari negara tersebut. 

China juga mencatat jumlah kematian tertinggi di dunia akibat virus Corona. Provinsi Hubei melaporkan 479 korban jiwa atau 97 persen dari total korban meninggal dunia secara global.

Sementara itu pemerintah Indonesia telah mengambil keputusan tegas untuk menutup akses penerbangan dari dan menuju China. Kebijakan itu resmi berlaku mulai Rabu (5/2/2020) hingga waktu yang belum ditentukan. 

Pemerintah pun menetapkan pendatang dari China untuk sementara tidak diperbolehkan masuk dan transit di Indonesia. Hal ini juga berlaku bagi siapa pun yang telah berada di China selama 14 hari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china virus corona
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top