Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dewas TVRI Bakal Rekrut Dirut Baru, Karyawan Layangkan Protes

Karyawan TVRI di pusat maupun di daerah  menyayangkan  langkah Dewan Pengawas (Dewas) tersebut. Pasalnya langkah itu dinilai bakal memperpanjang kisruh di tubuh TVRI.
TVRI/Istimewa
TVRI/Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Karyawan TVRI yang tergabung dalam Komite Penyelamatan TVRI meminta Dewan Pengawas lembaga penyiaran publik tersebut menunda proses rekrutmen direktur utama yang baru.

Presidium Komite Penyelamatan TVRI Agil Samal mengatakan karyawan TVRI di pusat maupun di daerah  menyayangkan  langkah Dewan Pengawas (Dewas) tersebut. Pasalnya langkah itu dinilai bakal memperpanjang kisruh di tubuh TVRI.

 “Bayangkan saja, Komisi l DPR RI tengah menangani kasus ini.  Baik Dewas, Direksi dan Helmy Yahya pun sudah dipanggil. Sebaiknya kita tunggu saja hasil dan rekomendasi DPR RI,” ujarnya dalam siaran pers Komite Penyelamatan TVRI yang diterima Bisnis, Rabu (29/1/2020).

Dia menambahkan, kisruh tersebut bisa bertambah panjang lantaran, Helmy Yahya bakal mengajukan kasus tersebut ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Untuk itu dia meminta semua pihak menghargai proses yang tengah berlangsung dan menahan diri.

Dampak dari sikap Dewas TVRI untuk tetap memilih dirut baru, akan paling dirasakan dan berimbas ke karyawan. Sebab konsekuensinya akan ada dualisme kepemimpinan jika Helmy Yahya memenangkan proses hukumnya,“ lanjutnya.

Agil menambahkan, saat ini proses pencairan tunjangan kinerja sudah terkatung katung lantaran tidak ada Dirut definitif yang akan mengajukan revisi anggaran ke pemerintah.

Untuk itu dia meminta Dewas untuk menahan diri tidak melakukan rekrutmen Dirut baru. Menurutnya, langkah perekrutan dirut baru tersebut tidak menghormati upaya legislatif yang ditempuh DPR RI dan hak  hukum dari Helmy Yahya.

Dia menambahkan, proses rekrutmen dirut baru yang terkesan tergesa-gesa, juga akan memboroskan anggaran.

“Keputusan dewas memberhentikan helmy yahya sudah cukup tergesa gesa dan berpotensi cacat hukum, jangan sampai keputusan Dewas berikutnya, berdampak memperburuk  keadaan TVRI saat ini,” ujarnya.  

Menurut Agil, makin kisruhnya internal TVRI akan berdampak pada pupusnya harapan karyawan TVRU menerima tunjangan kinerja yang dinantikan sejak 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper