Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Antisipasi Virus Corona, Menhub Tunggu Rekomendasi WHO

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih menanti rekomendasi dari World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia untuk menerapkan langkah lanjutan mengantisipasi penyebaran virus Corona di Indonesia.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 28 Januari 2020  |  16:35 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih menanti rekomendasi dari World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia untuk menerapkan langkah lanjutan mengantisipasi penyebaran virus Corona di Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa virus tersebut memang menakutkan sehingga pihaknya terus melakukan koordinasi intensif mengantisipasi kemungkinan masuknya virus tersebut ke Indonesia.

"Kami melakukan koordinasi secara intensif dengan Kementerian Kesehatan dan juga Kemenparekraf dan kemenlu dan sampai hari ini kita ada kesimpulan hanya Wuhan yang tidak kami terbangi dari dan ke Wuhan tidak ada penerbangan," jelasnya, Selasa (28/1/2020).

Dia menegaskan bahwa penerbangan ke bandara-bandara lainnya tetap berlangsung dengan tambahan rekomendasi Kemenkes pemeriksaan di bandara dan pelabuhan dilakukan secara intensif.

"Kami akan sampaikan perkembangan signifikan setelah ada rekomendasi dari WHO, bandara-bandara lain kami akan perhatikan," katanya.

Menurutnya, rekomendasi WHO sangat dinantikan karena badan tersebut merupakan badan yang memiliki wewenang untuk penetapan terkait potensi ancaman dari virus Corona. Selain itu, rekomendasi dari WHO tersebut bersifat mengikat.

"Kami pasti melakukan dengan hati-hati karena bukan hanya Indonesia yang hati-hati, Amerika juga, Rusia juga, semua melakukan dengan hati-hati," jelasnya.

Di sisi lain, Kemenkes sudah menyiapkan 150 rumah sakit untuk rujukan hal-hal khusus tersebut. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Budi Karya Sumadi virus corona
Editor : Akhirul Anwar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top