Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Virus Corona Mengancam Ekonomi RI, Kok Bisa?

Ekonom Indef Rusli Abdulah menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 bisa tertekan di bawah 5% jika penyebaran virus corona kian masif.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 28 Januari 2020  |  20:45 WIB

Bisnis.com, JAKARTA–Perlambatan ekonomi di China akibat wabah virus Corona berpotensi mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan.

Ekonom Indef Rusli Abdulah menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 bisa tertekan di bawah 5% jika penyebaran virus corona kian masif.

Apabila merujuk pada wabah SARS yang terjadi di China dan Hong Kong pada 2003, pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya terpangkas hingga 0,08%, sementara pertumbuhan ekonomi China tumbuh di angka negatif sebesar 1,07% dan Hong Kong kontrasi hingga 2,53% (yoy).

Namun, keadaan perekonomian pada saat wabah SARS dan wabah virus Corona sekarang berbeda. Saat ini, Indonesia memiliki hubungan perdagangan yang jauh lebih besar dibandingkan Indonesia saat itu.

Oleh karena itu, dampak berhentinya roda perekonomian di China ketika dilanda virus corona bakal lebih besar dibandingkan dengan saat wabah SARS.

Merujuk pada laporan World Bank, Rusli mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia bakal terpangkas sebesar 0,3% setiap terpangkasnya pertumbuhan ekonomi China sebesar 1%.

"Kalau perekonomian terhenti maka akan berdampak pada ekonomi China secara keseluruhan sehingga ekspor kita akan melambat," ujar Rusli, Selasa (28/1/2020).

Hal ini pun akan memiliki dampak terhadap ekspor Indonesia ke China yang saat ini didominasi oleh bahan mentah dari sektor pertambangan dan pertanian.

Lebih lanjut, perlambatan ekonomi China juga diproyeksikan akan terjadi lebih dari satu kuartal dan hal ini akan turut berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal-kuartal ke depannya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi virus corona
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top