Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bali Akan Punya Lima Ruas Tol Baru, Ini Rutenya

Pada awalnya, Pemerintah Provinsi Bali mengusulkan untuk dibangun 16 ruas tol baru.
Tol Bali Mandara/Youtube
Tol Bali Mandara/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyebutkan bahwa Pulau Bali akan memiliki lima truas tol baru setelah jalan tol Bali Mandara yang sudah beroperasi beberapa tahun lalu.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pada mulanya Pemerintah Provinsi Bali mengusulkan untuk dibangun 16 ruas tol baru.

"Tadinya mereka [Pemprov Bali] minta 16 ruas, tapi setelah dilihat tata ruangnya, yang bisa kita sepakati hanya lima ruas," ujarnya, Kamis (23/1/2020).

Kelima ruas tol tersebut yakni Gilimanuk—Denpasar, Gilimanuk—Tabanan, Tabanan—Kuta, Kuta—Padang Bai, dan Kuta—Tanah Lot, baru memasuki proses penyesuaian tata ruang.

Selain itu, Menteri Basuki juga menyampaikan bahwa ada usulan pembangunan ruas Gilimanuk—Denpasar dilakukan oleh badan usaha sebagai pemrakarsa. Hanya saja, belum ada keputusan terkait siapa pemrakarsa tersebut.

Sebelumnya, Gubernur Bali I Wayan Koster diketahui telah menerima investor swasta melakukan presentasi terkait dengan kelayakan ruas tol Gilimanuk—Denpasar lewat prastudi kelayakan.

Pemprov Bali akan terus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR guna merealisasikan pembangunan ruas tol yang diperkirakan menelan investasi lebih dari Rp10 triliun ini.

Masih terkait dengan ruas tol Gilimanuk—Denpasar, Menteri Basuki memastikan bahwa hingga saat ini pihaknya belum ada rencana menyambungkan ruas tol tersebut dengan jaringan tol Trans-Jawa melalui jalur darat atau jembatan.

"Belum ada [rencana], tapi kalau Bali mau bikin ruas tol, itu ada. Namun, tidak disambung [ke tol Trans-Jawa]," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper