Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jembatan Penghubung 2 Kecamatan Bekasi-Karawang Siap Beroperasi

Jembatan yang menghubungkan Kec. Pebayuran, Bekasi dengan Kec. Rengas Dengklok di Karawang ini membentang sepanjang 300 meter.
Ilustrasi: Sungai Citarum/Antara-Yudhi Mahatma
Ilustrasi: Sungai Citarum/Antara-Yudhi Mahatma

Bisnis.com, CIKARANG — Jembatan penghubung Kabupaten Bekasi dengan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, di Desa Sumbersari, Kecamatan Pebayuran, Bekasi siap beroperasi.

"Pembangunan jembatan ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Bekasi dan Pemerintah Kabupaten Karawang," kata Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bekasi Iman Nugraha, Rabu (22/1/2020).

Iman mengatakan bahwa pembangunan jembatan penghubung ini sebenarnya sudah mulai dikerjakan pada 2017, tetapi sempat mangkrak akibat gagal lelang pada 2018.

"Tahun 2019 kemarin pembangunan jembatan mulai dilanjutkan. Saat ini sudah selesai dan siap dioperasikan," katanya.

Jembatan yang menghubungkan Kecamatan Pebayuran, Bekasi dengan Kecamatan Rengas Dengklok di Karawang ini membentang sepanjang 300 meter dengan lebar 7 meter dan berada tepat di atas Sungai Citarum.

"Mulai hari ini jembatan sudah bisa dilalui oleh masyarakat, tapi kendaraan dengan tonase berat belum diperkenankan untuk melintasi jembatan ini," katanya.

Menurutnya, larangan sementara kendaraan bertonase berat melintasi jembatan itu dilakukan untuk penguatan konstruksi jembatan serta menghindari hal yang tidak diinginkan.

"Konstruksinya sudah dipastikan kuat, namun untuk sementara hanya kendaraan kecil yang diperbolehkan melintas. Kendaraan bertonase besar diperbolehkan melintas akhir bulan ini setelah diresmikan pemerintah, sambil menunggu beton dan aspalnya benar-benar keras," ungkapnya.

Jembatan ini dianggarkan dalam dua tahap yakni tahap awal 2017 sebesar Rp17 miliar dan tahap kedua sebesar Rp24 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Bekasi 2019.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi Husni Tamrin memastikan pembangunan jembatan ini demi kepentingan masyarakat sehingga segera bisa digunakan oleh masyarakat Bekasi.

Meski pekerjaan konstruksinya sudah selesai, Husni mengaku jembatan sepanjang 300 meter itu sebenarnya belum boleh dilalui kendaraan karena rencananya jembatan ini akan diresmikan terlebih dahulu oleh Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Zufrizal
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper