Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penurunan Okupansi Perkantoran Tak Pengaruhi Co-Working Space

JustCo optimistis akan ada pertumbuhan permintaan lebih lanjut dari perusahaan teknologi yang sudah mapan dan berkembang,
Coworking space di Stasiun Gambir, Jakarta./Antara-Suwanti
Coworking space di Stasiun Gambir, Jakarta./Antara-Suwanti

Bisnis.com, JAKARTA — Jika melihat tren properti perkantoran yang diprediksi mengalami penurunan pada tahun ini, penyedia ruang kerja bersama JustCo justru lebih optimistis menghadapi 2020.

General Manager JustCo Indonesia Michael Sim mengatakan bahwa tahun ini industri ruang kerja bersama (co-working space) justru mampu menembus batas-batas yang menghalangi pertumbuhan pasar perkantoran selama ini.

“Masih ada banyak ruang bagi co-working space untuk bertumbuh di Asia yang hanya menyerap 5 persen dari keseluruhan properti perkantoran,” jelas Michael kepada Bisnis melalui surel, Minggu (12/1/2020).

Michael menjelaskan bahwa JustCo baru saja mencatatkan pertumbuhan permintaan yang cukup besar dari beberapa perusahaan besar seperti Fortune 500 karena mereka melihat nilai tambah dari penggunaan ruang kantor fleksibel.

“Menggunakan co-working space dinilai bisa lebih menghemat biaya, mendukung kerja sama yang lebih erat antara para pekerja dan kesempatan untuk kolaborasi yang lebih besar. Faktor-faktor ini bisa mendorong kesuksesan untuk individu maupun perusahaan,” ungkap Michael.

Adapun, makin ke sini, pemilik properti juga makin percaya diri untuk memanfaatkan ruang-ruang kosong yang mereka miliki untuk dijadikan ruang kerja bersama.

Ketika melihat adanya penurunan tren investasi untuk perusahaan rintisan atau startup khususnya di bidang teknologi, Michael mengatakan bahwa tidak ada dampak besar yang dirasakan para pengelola ruang kantor fleksibel.

Menurut Michael, ruang kerja bersama bukan hanya disediakan bagi startup, melainkan juga bisa digunakan secara individu bagi pekerja lepas usaha kecil dan menengah. Sektor-sektor tersebut juga menyumbang permintaan yang cukup besar kepada ruang-ruang kantor fleksibel.

Selanjutnya, jika melihat perkembangan pasar properti di Jakarta, JustCo optimistis akan ada pertumbuhan permintaan lebih lanjut dari perusahaan teknologi yang sudah mapan dan berkembang, dari startup dan juga UKM yang lebih memilih bekerja di lingkup ruang kerja fleksibel.

“Selain fleksibel dari penggunaan ruangnya, co-working space seperti kami juga menawarkan beragam fasilitas seperti internet yang cepat, harga sewa yang bersaing dan kontrak yang mudah, dan kemudahan akses di cabang-cabang lain bahkan yang ada di luar negeri,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper