Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Inflasi Desember 2019 Rendah Karena Stabilnya Harga Selama Nataru

Inflasi Desember 2019 sebesar 2,72% (yoy) tercatat sebagai inflasi terendah dalam 20 tahun terakhir sejak 1999.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 04 Januari 2020  |  11:23 WIB
Ilustrasi - hargababel.com
Ilustrasi - hargababel.com

Bisnis.com, JAKARTA – Inflasi Desember 2019 sebesar 2,72% (yoy) tercatat sebagai inflasi terendah dalam 20 tahun terakhir sejak 1999.

Ekonom Bahana Sekuritas, Satria Sambijantoro menyatakan, rendahnya inflasi disebabkan oleh kesuksesan pemerintah lintas instansi dalam menjaga stabilitas harga selama Natal dan Tahun Baru.

Dia menilai, inflasi Desember 2019 sebesar 0,34% (mtm) kondisi ini lebih rendah dari konsesus pasar maupun dari perkiraan Bank Indonesia sebesar 0,49% (mtm), atau 3,0% (yoy).

“Terbukti dari Indeks Harga Konsumen tetap menunjukkan adanya kenaikan pada akhir tahun seiring naiknya permintaan konsumsi barang,” jelas Satria melalui laporan yang diterima Bisnis, Jumat (3/1/2020).

Meski demikian, komponen inflasi inti adalah penyebab rendahnya inflasi Desember 2019. Pasalnya Desember lalu, inflasi inti tercatat 0,11% (mtm), lebih rendah dari kisaran rata-rata 0,13% sampai 0,22% setiap bulan Desember. Kondisi ini menurut Satrio mencerminkan adanya kerentanan pada daya beli masyarakat.

“Kondisi ini mencerminkan kebijakan fiskal bagaimana mendistribusikan dana menjadi efektif,” terangnya.

Dia menilai, penurunan inflasi ini masih menunjukkan ada kenaikan pada beberapa komponen. Misalnya dari komponen administered prices tetap tumbuh 0,51% (yoy). Selain itu komponen volatile food juga tetap mencatatkan kenaikan 4,30% (yoy) jika dibandingkan tahun 2018 sebesar 3,39% (yoy).

Kenaikan yang cenderung stabil ini dipicu oleh kebijakan pemerintah untuk tidak menaikkan harga BBM sepanjang masa Pemilu 2019 lalu. Sementara penyumbang inflasi stabil dari volatile foods adalah golongan cabai, bawang putih, berkat ketersediaan pasokan yang mencukupi sepanjang akhir tahun. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top