Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Runway Kering, 3 Maskapai Ini Sudah Beroperasi di Bandara Halim

Angkasa Pura II juga telah melakukan pengecekan dan pembersihan serpihan benda asing di runway Bandara Halim akibat material terbawa air.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 02 Januari 2020  |  11:49 WIB
Pesawat tempur melintasi taxiway Bandara Halim Perdanakusuma pada Rabu 2 Oktober 2019. - Bisnis/Rezha Hadyan
Pesawat tempur melintasi taxiway Bandara Halim Perdanakusuma pada Rabu 2 Oktober 2019. - Bisnis/Rezha Hadyan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) memastikan Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur sudah kembali beroperasi normal untuk melayani penerbangan sipil.

Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin menyatakan telah melakukan pengecekan dan memastikan seluruh fasilitas, peralatan, hingga landas pacu (runway) sudah memenuhi aspek keamanan dan keselamatan penerbangan sehingga laik operasional.

"Kondisi runway saat ini sudah tidak terdapat genangan air, sehingga dapat digunakan penuh dengan dimensi 3.000 x 45 meter. Operasional Bandara Halim Perdanakusuma telah normal kembali," kata Awaluddin dalam siaran pers, Kamis (2/1/2020).

Dia menambahkan struktur kekerasan dan kekesatan runway masih memenuhi standar dan tidak ada kerusakan akibat genangan air. Selain itu, tidak terdapat kerusakan lampu runway dan landasan gelinding (taxiway), sehingga dapat digunakan dengan baik.

AP II juga telah melakukan pengecekan dan pembersihan serpihan benda asing (foreign object debris/FOD) akibat material terbawa air.

Saat ini, diinformasikan maskapai berjadwal yang sudah beroperasi di Halim Perdanakusuma seperti Wings Air, Batik Air, dan Citilink untuk sejumlah rute penerbangan. Diimbau penumpang pesawat agar memperhatikan informasi yang diberikan maskapai terkait penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma.

Rabu (1/1/2020, bandara berkode HLP sempat ditutup demi keamanan dan keselamatan penerbangan karena terdapat genangan air di runway. Selama ditutup, seluruh penerbangan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul penerbangan di Halim Perdanakusuma sempat dipindahkan ke Soekarno-Hatta," ujarnya. 
 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Banjir Jakarta angkasa pura ii bandara halim perdanakusuma
Editor : Hendra Wibawa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top