Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Halim Kembali Beroperasi Normal, Refund Penumpang 100 Persen

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan Bandara Halim Perdanakusuma pada Kamis (2/1) akan kembali normal setelah lumpuh akibat landasan pacu terendam banjir pada Rabu (1/1).

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan Bandara Halim Perdanakusuma pada Kamis (2/1) akan kembali normal setelah lumpuh akibat landasan pacu terendam banjir pada Rabu (1/1).

“Hasil inspeksi dan asesmen di lapangan, runway dan lampu sudah dapat berfungsi kembali. Sore ini Bandara Halim sudah di buka dan besok sudah bisa operasi normal kembali,” ujar Menhub dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu seperti dikutip dari Antara.

Menhub Budi pada Rabu (1/1) melakukan peninjauan ke Bandara halim Perdana Kusumah, Jakarta, yang sempat ditutup hari ini karena adanya genangan air di area runway. Operasional Bandara Halim PK sendiri telah dibuka sejak pukul 14.30 WIB sore tadi.

Berangkat dari Stasiun Gambir usai kunjungan kerja di Cirebon, Menhub langsung bergerak menuju Bandara Halim PK. Di sana, Menhub memantau kondisi runway yang sempat tergenang.

Hari ini di Bandara Halim, pesawat yang dapat beroperasi adalah pesawat bertipe sejenis A320 dan Boeing 737, dikarenakan landasan pacu belum dapat berfungsi optimal menyusul masih ada genangan air di tepi landasan pacu.

Diharapkan besok bandara sudah dapat berfungsi normal.

Kementerian Perhubungan terus memonitoring dan berkoordinasi dengan operator bandara, operator penerbangan terkait perkembangan kondisi Bandara Halim Perdanakusuma.

Sementara itu, maskapai penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma mengembalikan uang tiket sebesar 100 persen kepada penumpang yang membatalkan penerbangan akibat bandara dilanda banjir.

"Bagi penumpang yang sudah berada di Bandara Halim Perdanakusuma tapi membatalkan penerbangannya, diberikan hak refund atau dapat menguangkan kembali tiket 100 persen, " ujar Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Nandang Sukarna di Jakarta, Rabu.

Ia menambahkan, selain memberikan solusi refund maskapai juga melakukan penjadwalan ulang penerbangan.

Reschedule (penjadwalan ulang) dilakukan bila kursi masih tersedia," ucapnya.

Sementara, bagi penumpang yang tetap melanjutkan perjalanan maka penerbangannya dapat dialihkan melalui Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

"Disiapkan bis gratis dari Halim Perdanakusuma menuju Bandara Soekarno-Hatta," katanya.

Sebaliknya, bus gratis dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Halim juga disediakan.

"Destinasi yang menuju Bandara Halim, kita berikan pengantaran dari Bandara Soekarno-Hatta ke wilayah Jakarta Timur sekitar Bandara Halim," katanya.

Baca juga: Ini daftar penerbangan Lion Group terdampak banjir Bandara Halim

Nandang Sukarna mengemukakan, setidaknya terdapat sekitar 18.000 penumpang yang bakal melakukan penerbangan dari Halim Perdanakusuma.

"Secara keseluruhan penumpang Citilink dan Batik Air pada hari ini (1/1) di angka 18.000 penumpang," ucapnya.

Aktivitas penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma diharapkan pada Kamis (2/1) kembali berjalan normal.

"Apabila cuaca mendukung dan tidak ada kiriman banjir, Insya Allah operasional Bandara Halim Perdanakusuma berjalan normal pada besok (2/1). Mudah-mudahan tidak terjadi lagi air masuk ke dalam landasan pacu bandara," ujar Nandang Sukarna.

Pengurasan genangan di landasan pacu melibatkan sejumlah pompa "mobile," untuk mengatasi genangan yang terjadi mulai pukul 07.00 WIB. Pada pukul 15.30 WIB, landasan pacu sudah dapat beroperasi normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper