Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antam Salurkan Dana Program Kemitraan 2 Miliar di Sultra

Masyarakat yang memiliki usaha kecil dan menengah di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara kembali mendapatkan suntikan dana Program Kemitraan (PK) dari PT Antam Tbk (Antam) sebesar Rp2 Miliar.

Bisnis.com, SULAWESI TENGGARAMasyarakat yang memiliki usaha kecil dan menengah di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara kembali mendapatkan suntikan dana Program Kemitraan (PK) dari PT Antam Tbk (Antam) sebesar Rp2 Miliar.

Melalui Unit Bisnis Pertambangan Nikel Sulawesi Tenggara, Antam menyalurkan dana Program Kemitraan (PK) tahap II kepada 44 mitra binaannya di Pondok Huko-huko, Kompleks Antam Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Rabu (4/12/2019).

Vice President Finance Antam Unit Bisnis Pertambangan Nikel Sulawesi Tenggara, Hamdan menjelaskan bahwa setiap tahunnya, pihaknya menyalurkan program dana bergulir itu dua kali dalam setahun.

“Penerima bantuan ini adalah usaha yang sudah diseleksi, jadi bukan bisnis dari nol tetapi bisnis atau usaha yang sudah berjalan selama minimal satu tahun,” ungkap Hamdan.

Program ini merupakan kewajiban setiap perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mendukung kegiatan usaha kecil dan menengah di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Sebelumnya pada bulan Juli lalu di Sulawesi Tenggara, Antam telah menyalurkan dana pinjaman PK tahap pertama sebesar Rp2,5 Miliar kepada 78 mitra binaan yang terdiri dari beberapa bidang usaha antara lain perdagangan, peternakan, jasa, perkebunan, industri dan perikanan.

 “Bantuan ini diberikan maksimal tiga kali setelah itu kita harapkan usaha para mitra binaan ini sudah bisa mandiri, atau bisa mendapatkan pinjaman dari perbankan, karena usahanya sudah layak,” tambah Hamdan.

Ramsah, penerima dana PK Antam tahap II mengaku, pasca menjadi mitra binaan Antam, kini dia mampu melebarkan usaha pembuatan kue jajanan lokal skala rumahan menjadi lebih besar lagi.

Pengusaha kue tradisional dengan nama brand Morini ini mengaku usahanya meningkat sejak dirinya menerima bantuan program kemitraan, dulunya ia berprofesi sebagai tukang ojek kini ia sudah beromset jutaan rupiah dari usaha rintisannya itu.

“Di tahap pertama saya menerima dana Rp25 juta, dari dana itu alhamdulilah saya sudah bisa punya brand, dan usaha kue tradisional saya sudah dipasarkan ke toko-toko bahkan ke mall besar yang ada di Kolaka,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper