Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Erick Thohir Cegah Pelecehan Seksual Pramugari Garuda dan BUMN Lain

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengatakan bakal menambah aturan guna mencegah pelecehan seksual terhadap pegawai perempuan di lingkungan BUMN.
Pramugari Garuda Indonesia mengenakan kebaya rancangan Anne Avantie/Instagram @anneavantieheart
Pramugari Garuda Indonesia mengenakan kebaya rancangan Anne Avantie/Instagram @anneavantieheart

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengatakan bakal menambah aturan guna mencegah pelecehan seksual terhadap pegawai perempuan di lingkungan BUMN.

Aturan yang akan mulai diberlakukan tahun depan ini muncul bersamaan dengan rumor pelecehan pramugari Garuda Indonesia di media sosial.

"Saya rasa nanti awal tahun, kami juga akan memastikan (pencegahan) sexual harassment kepada pegawai perempuan di BUMN itu, harus benar-benar kami tingkatkan. Tidak boleh kaum perempuan itu, mohon maaf, dijadikan, ya, hal-hal yang tidak baik lah," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Erick tidak memungkiri jika dominasi pegawai pria amat kuat di BUMN. Menurut Erick, pengetatan aturan ini dalam rangka melindungi para pegawai-pegawai wanita BUMN.

Dia menilai sudah seharusnya kaum hawa mendapat perlindungan yang kuat dari perilaku amoral.

"Sudah seyogyanya kaum wanita ini harus mendapatkan proteksi yang jelas, apalagi dari pimpinan-pimpinan yang tidak baik," ucap Erick Thohir.

Ia menuturkan di BUMN selama ini belum ada hukum tentang eksploitasi pegawai perempuan yang dilakukan oleh atasannya.

"Kalau di Amerika itu nanti saya pelajarin, bisa diberhentikan. Apalagi, kalau ada pegawai wanita yang jelas-jelas sudah ada sexual harrasment itu," tuturnya.

Kegaduhan Garuda Indonesia bermula dari terungkapnya dugaan penyelundupan motor Harley Davidson oleh mantan direktur utamanya, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra alias Ari Askhara awal bulan ini.

Secara bersamaan, di media sosial, akun Twitter @digeeembok, menyampaikan dugaan pelecehan para pramugari yang dilakukan oleh sejumlah jajaran direksi.

Vice President (VP) Cabin Crew PT Garuda Indonesia, Roni Eka Mirsa yang disinggung oleh akun Twitter tersebut pun melaporkan @digeeembok ke polisi. Laporan dilakukan untuk kasus dugaan pencemaran nama baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper