Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai, Pemerintah dan Pebisnis Terus Bersiap

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan terus bersiap mengikuti Expo 2020 Dubai, yang akan berlangsung dari 20 Oktober 2020 hingga 10 April 2021 di Dubai.
Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah   Indonesia   melalui  Kementerian   Perdagangan  terus bersiap mengikuti Expo 2020 Dubai, yang  akan  berlangsung  dari   20  Oktober  2020  hingga  10  April  2021  di  Dubai. 

“Kami terus mendorong agar Kementerian, Lembaga, Pemda dan Sponsor untuk terus mempersiapkan diri memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia. Hal ini sesuai arahan Bapak Presiden untuk mensukseskan Expo 2020 Dubai,” ujar Direktur Jenderal  Pengembangan Ekspor Nasional Dody Edward, Selasa (3/12/2019). 

Sementara itu, pelaku usaha Indonesia yang menjadi sponsor Expo 2020 Dubai mulai “membocorkan” gambaran informasi yang disajikan pada Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai. Mereka mengharapkan momentum terbentuknya kabinet baru pada kepemimpinan Presiden Joko Widodo ini semakin mendorong semangat kebersamaan Indonesia menuju Expo 2020 Dubai dan Indonesia Emas 2045. 

PT Astra International Tbk., sponsor utama Paviliun Indonesia, menyatakan bahwa Astra turut mendukung Pemerintah Indonesia dalam berpartisipasi pada World Expo 2020 Dubai. Wujud partisipasi itu adalah Paviliun Indonesia untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah global.

“Kehadiran Astra merupakan yang ke-3 kalinya, setelah turut mendukung World Expo 2010 Shanghai dan World Expo 2015 Milan. Astra berharap melalui dukungannya di World Expo 2020 Dubai, dapat turut mengharumkan nama bangsa melalui Paviliun Indonesia. Semangat ini sejalan dengan cita-cita Astra yaitu sejahtera bersama bangsa,” ujar Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communications PT Astra International.

PT Wijaya Karya Persero (WIKA) menyatakan pihaknya masih berkonsentrasi menuntaskan kerja pembangunan Paviliun Indonesia. “Sebagai sponsor serta kontraktor dalam pembangunan Pavilion Indonesia di  Expo 2020 Dubai, sampai saat ini kami masih fokus kepada proses konstruksi agar Pavilion Indonesia dapat selesai tepat waktu sesuai spesifikasi yang telah ditentukan, “ kata Mahendra Vijaya, Corporate Secretary WIKA. 

“Melalui event Expo 2020 Dubai, kami ingin menampilkan kepada masyarakat global bahwa WIKA adalah salah satu BUMN Indonesia yang sukses berkiprah di luar negeri dan mampu bersaing di kancah global. Hal ini diharapkan mampu membangun citra yang baik sehingga WIKA dapat memperluas pangsa pasar global” tambah Mahendra. 

April Group juga akan memberikan informasi yang menarik bagi pengunjung Paviliun Indonesia. “Secara umum, kami berharap dapat menampilkan gambaran Grup APRIL yang mengelola pabrik pulp dan kertas yang terintegrasi dan berkelas dunia. Kami juga mendukung agenda SDGs, perusahaan telah menerapkan sejumlah komitmen yang selaras dengan agenda pemerintah dan global secara menyeluruh” ujar Anita Bernardus, Head of National Communications, April Group.

Menurut Anita, April Grup akan membawa semangat keseimbangan antara produksi dan proteksi (production-protection) yang selama ini diusung APRIL di semua bentang alam tempatnya berkarya. “Kepada dunia, kita tunjukkan bahwa pembangunan dengan basis kelestarian adalah modal penting bangsa ini menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Anita.

PT Gajah Tunggal Tbk, menurut Chatarina Widjaja, Director  of  Corporate  Communications  and Investor Relations/Corporate Secretary akan menampilkan sesuatu yang menyuarakan optimisme.

 “Secara garis besar, Kami bermaksud memperlihatkan kemampuan kami sebagai perusahaan nasional kebanggaan Indonesia yang memproduksi produk kelas dunia dan dapat bersaing secara global, antara lain dengan menunjukan beberapa produk Kami yang berperfoma tinggi,”  ujar Chatarina. PT Gajah Tunggal juga berharap yang terbaik untuk Pemerintah Indonesia dalam keikutsertaannya di Expo 2020 Dubai. 

“PT Gajah Tunggal Tbk sangat bangga dapat berpartisipasi serta menjadi sponsor. Dengan mengikuti Acara ini, Kami mengharapkan pasar ekspor Kami makin meningkat,” ujar Chatarina.

Salah satu konsep Paviliun Indonesia akan menampilkan restoran khas Indonesia yang diwakili oleh Citrarasa Prima (CRP) Group. Persiapan CRP juga sudah hampir matang. Saat ini sudah sampai ke tahap persiapan menu dan konsep detail store. CRP akan mempersembahkan brand lokal asli indonesia yang siap bersaing di global serta memperkenalkan bahwa Kopi indonesia adalah salah satu kopi terbaik didunia serta memperkenalkan rempah terbaik indonesia melalui kuliner.

Sejak peletakan batu pertama Paviliun Indonesia pada 9 September 2019, sejumlah perusahaan telah mendeklarasikan komitmennya sebagai sponsor paviliun. PT Astra International Tbk adalah sponsor utama Paviliun Indonesia. Sementara, empat perusahaan lainnya telah resmi menjadi sponsor pendukung, yakni PT Gajah Tunggal Tbk, APRIL Group, PT Wijaya Karya (WIKA) Persero serta Citrarasa Prima (CRP) Group.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga mempercayakan pengelolaan Paviliun Indonesia kepada PT Samudra Dyan Praga selaku operating agency. PT Samudra Dyan Praga  tengah mengembangkan Agenda Paviliun Indonesia selama 173 hari dari 20 Oktober 2020 hingga 10 April 2021 untuk masyarakat global pengunjung Expo 2020 Dubai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper