Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Strategi Pariwisata 2020: Wisman Amerika & Eropa Jadi Incaran Indonesia

Amerika dan Eropa menjadi target sasaran promosi pariwisata Indonesia pada tahun depan. Sebab, selama ini, wisatawan mancanegara di Indonesia lebih banyak didominasi oleh turis asal Australia, China dan Asean.

Bisnis.com, JAKARTA – Amerika dan Eropa menjadi target sasaran promosi pariwisata Indonesia pada tahun depan. Sebab, selama ini, wisatawan mancanegara di Indonesia lebih banyak didominasi oleh turis asal Australia, China dan Asean.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengatakan setidaknya sekitar 30 negara akan menjadi sasaran promosi pariwisata Indonesia.

Sebanyak 30 negara dari dua benua itu  diharapkan bisa mendatangkan banyak wisman yang berkualitas dalam hal spending maupun length of stay, sehingga akan berdampak pada peningkatan devisa Indonesia.

“Jadi banyak, karena masih banyak potensi kok dari negara-negara yang jumlah turisnya belum terlalu banyak. Tapi saya tidak menargetkan berapa banyak wisman yang bisa datang kesini [kuantitas], tapi saya akan fokus pada wisman berkualitas,” katanya kepada Bisnis.com, belum lama ini.

Wishnutama mengatakan paling  tidak wismandari negara-negara tersebut diharapkan spending sekitar US$1.400 hingga US$2.000/ kunjungan di Indonesia.

“Tapi itu kan bertahap, tidak bisa tiba-tiba harus spending US$2.000, perlu usaha yang cukup sulit.”

Mengacu pada data BPS, jumlah  kunjungan wisman asal Eropa pada Januari--September 2019 mengalami penurunan dibandingkan dengan periode yang sama 2018 sebanyak 0,11%. Dari 1.566.900 wisman pada 2018 menjadi 1.565.200 wisman pada 2019.

Sementara itu, kunjungan wisman Amerika pada Januari--September 2019 sebanyak 482.500 orang, mengalami kenaikan sebanyak 12,93% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2018 yaitu sebanyak 427.200 orang.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Didien Junaedy mengatakan, rencana Kemenparekraf untuk menyasar pasar Amerika  dan Eropa untuk menggaet wisman berkualitas  memang sudah cukup tepat. Namun, hal itu harus diiringi dengan strategi promosi yang baik.

“Jadi konsep produk [wisata] harus berkualitas, tour operatornya juga harus dibekali dengan skill yang mumpuni, begitu pun dengan kualitas servisnya,” kata Didien kepada Bisnis.com.

Untuk waktu promosi, menurutnya, Kemenparekraf bisa melakukan menjelang libur musim dingin atau musim panas. Ini karena hari libur para wisman asal Eropa dan Amerika lebih panjang pada saat tersebut.

“Kalau bisa juga menyasar perusahaan-perusahaan di sana, karena biasannya mereka punya insentif tour. Bisa juga dari MICE tapi itu agak lama.”

Dalam hal ini, dia mengatakan tidak semua destinasi wisata di Indonesia bisa dipromosikan untuk wisman premium tersebut. Selain pulau Komodo, Didien mengatakan destinasi yang bisa menyasar wisman berkualitas/premium yaitu  Bali, Yogyakarta, dan Raja Ampat.

“Jadi destinasi wisata yang kental akan budaya dan baharinya itu harus lebih dikembangkan. Kalau perlu ada paket small/medium cruise ship yang bisa untuk keliling Indonesia. Itu potensial sekali untuk menarik spending para wisman. Satu kapal untuk satu hari saja US$500, bayangkan kalau 4 atau 5 hari.”

Kendati, imbuhnya, jika ingin mengembangkan wisata bahari yang dilengkapi dengan kapal pesiar, pemerintah perlu memberikan insentif pajak impor untuk cruise tersebut. Sebab, selama ini kapal-kapal yang ada di Indonesia adalah kapal sewaan dari perusahaan swasta asing.

“Tapi selama ini kan kita gak punya kapal, yang ada kapal perusahaan asing disewakan. Makanya kita sedang minta supaya impor kapal cruise bisa dibebaskan dari pajak barang mewah.”

Adapun, promosi pariwisata Indonesia di Amerika dan Eropa sebetulnya sudah  dilakukan oleh Kemenpar (sebelum bergabung dengan Bekraf) pada tahun ini.

Pada Juli 2019 Kemenpar dengan branding pariwisata Indonesia ‘Wonderful Indonesia’ melakukan promosi di dua kota besar yang ada di Amerika Serikat (AS) yaitu New York dan Los Angeles. Untuk memikat publik Amerika Serikat, enam destinasi pun ditampilkan. Ada Bali, Raja Ampat, Borobudur, Danau Toba, Pulau Komodo (Nusa Tenggara Timur) dan Pantai Gili Kedis (Nusa Tenggara Barat). Semuanya dilengkapi logo Wonderful Indonesia. Wonderful Indonesia juga hadir melalui LED Billboard dan bus di New York. Durasi branding sekitar 3 pekan, 7--28 Juli 2019. Sedangkan ketika di Eropa, branding pariwisata Indonesia ‘Wonderful Indonesia’ dipasang di bus-bus yang beroperasi di sepanjang jalan Berlin, Jerman.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper