Menteri PUPR Basuki Hadimuljono : Jepang Ingin Bantu Pemindahan Ibu Kota

Presiden Japinda sekaligus mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda menyatakan Jepang berminat untuk berbagi pengalaman dalam memindahkan ibu kota.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 20 November 2019  |  15:35 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono : Jepang Ingin Bantu Pemindahan Ibu Kota
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. - Antara/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan Jepang ingin membantu Pemerintah Indonesia terkait dengan rencana pemindahan ibu kota ke wilayah Kalimantan.

Pernyataan itu disampaikan oleh Basuki seusai mendampingi Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan delegasi Japan Indonesia Association (Japinda) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (20/11/219).

"Mereka pengen [ingin] membantu terlibat dalam ibu kota negara, karena mereka banyak pengalaman," kata Basuki di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Menurutnya, Presiden menyambut tawaran dari Jepang tersebut. Basuki mengatakan salah satu delegasi, Presiden Japinda sekaligus mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda menyatakan Jepang berminat untuk berbagi pengalaman dalam memindahkan ibu kota.

Jepang memiliki sejarah yang panjang dalam memindahkan ibu kota. Pada ratusan tahun yang lalu, Jepang berulang kali memindahkan ibu kotanya. Pada saat ini, ibu kota Jepang adalah Tokyo.

Seperti diketahui, pemerintah berencana memindahkan pusat pemerintahan dari Jakarta ke Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur. Pemindahan itu akan dimulai pada 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, jepang, Pemindahan Ibu Kota, Ibu Kota Dipindah, Kementerian PUPR, basuki hadimuljono

Editor : Stefanus Arief Setiaji
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top