Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kota Ini Calon Kuat Lokasi Istana Kepresidenan di Kaltim

Selain istana kepresidenan, bangunan khusus juga mencakup istana wakil presiden, kompleks parlemen, dan kantor kementerian/lembaga.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 20 November 2019  |  13:50 WIB
Lahan milik negara dengan status HGU (hak guna usaha) PT ITCI Hutama Manunggal di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, yang rencananya menjadi lahan Ibu Kota negara. - Antara
Lahan milik negara dengan status HGU (hak guna usaha) PT ITCI Hutama Manunggal di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, yang rencananya menjadi lahan Ibu Kota negara. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memperkirakan lokasi pembangunan istana kepresidenan akan ditetapkan di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Menurutnya, penetapan lokasi pembangunan istana kepresidenan sudah melalui beragam kajian. Lokasi istana presiden di Sepaku juga tidak berada di area pertambangan batu bara.

“Kira-kira di situ kawasannya [Sepaku]. Sesuai dengan penelitian kami dengan Bappenas, yang mengandung batu bara bukan di situ, tapi di sebelah Timur," jelas Basuki di Gedung DPR, Rabu (20/11/2019).

Istana kepresidenan merupakan bangunan khusus dalam rencana pembangunan ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur. Selain istana kepresidenan, bangunan khusus juga mencakup istana wakil presiden, kompleks parlemen, dan kantor kementerian/lembaga.

Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis, Kecamatan Sepaku memiliki luas wilayah

1.172,36 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sebanyak 31.814 pada 2018. Dengan kata lain, kepadatan penduduk di Sepaku hanya 27 orang untuk setiap kilometer persegi.

Adapun, luas kawasan inti pemerintahan direncanakan mencapai 2.000 sampai dengan 4.000 hektare dan kawasan ibu kota negara disiapkan dengan luas area 40.000 hektare. Total perluasan ibu kota negara dirancang seluas 180.000 hektare.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ibu Kota Dipindah istana presiden
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top