Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

LG Chemical Berminat Bangun Pabrik Baterai Terintegrasi, Investasi US$2,3 Miliar

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan bahwa industri asal Korea Selatan LG Chemical menyampaikan minatnya untuk berinvestasi membangun pabrik baterai terintegrasi di Indonesia senilai US$2,3 miliar.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 November 2019  |  16:44 WIB
Logo perusahaan Korea Selatan, LG Corporation. - Reuters
Logo perusahaan Korea Selatan, LG Corporation. - Reuters

Bisnis.com, SEOUL – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan bahwa industri asal Korea Selatan LG Chemical menyampaikan minatnya untuk berinvestasi membangun pabrik baterai terintegrasi di Indonesia senilai US$2,3 miliar.

Demikian disampaikan Menperin usai menggelar pertemuan dengan Direksi LG Chemical di Seoul, Korsel.

“LG ingin melakukan investasi di Asean. Indonesia merupakan salah satu yang menjadi fokus untuk dilakukan pendalaman,” kata Menperin di Seoul pada Rabu (20/11/2019).

Menperin Agus menyampaikan, investasi berupa pembangunan pabrik tersebut meliputi pabrik baterai cell, baterai modul, hingga fasilitas daur ulang baterai.

“investasinya ini terintegrasi atau merupakan sebuah rangkaian. Tidak bisa hanya baterai saja. Jadi, diharapkan tidak terjadi interupsi,” ungkap Agus.

Menurut Menperin, LG tengah melakukan kajian-kajian awal agar investasinya tersebut dapat sukses dan sesuai dengan rencana.

“Jadi, ini satu kesatuan yang diharapkan sesuai dengan harapan LG dan Indonesia, yang sama-sama saling menguntungkan,” ujar Agus.

Pada kesempatan tersebut, LG juga menyampaikan keinginannya untuk melakukan studi terkait penggunaan baterai listrik pada sepeda motor dalam mendukung penggunaan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

“LG berniat untuk melakukan penelitian dan mendukung studi, melakukan kajian-kajian untuk kendaraan, terutama sepeda motor listrik,” ujarnya.

Dalam hal ini, Menperin menyambut rencana LG tersebut dan menyarankan untuk memilih Kota Surabaya sebagai daerah yang akan diuji coba dengan penggunakan motor berbaterai besutan LG. “Karena Surabaya sangat ingin untuk mendukung lingkungan yang sehat,” kata Agus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lg baterai

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top