Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Panggil Gubernur ke Istana, Jokowi Bahas Infrastruktur hingga Investasi

Presiden Joko Widodo kembali menginstruksikan para gubernur untuk mempermudah perizinan bagi investasi yang masuk ke daerah, terutama industri yang berorientasi ekspor.
ILustrasi/Bisnis-Amanda Kusumawardhani
ILustrasi/Bisnis-Amanda Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo kembali menginstruksikan para gubernur untuk mempermudah perizinan bagi investasi yang masuk ke daerah, terutama industri yang berorientasi ekspor.

Hal itu dikemukakan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo seusai bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Kamis (14/11/2019).

“Arahannya memastikan seluruh pelaksanaan birokrasi, termasuk investasi beres. Jangan dipersulit, jangan ada yang main-main, terus, sampaikan fasilitas-fasilitas yang kita miliki itu sampai betul kepada mereka yang mau investasi.. Kalau itu sudah bisa, diharapkan investasi bisa maju dengan cepat,” kata Ganjar.

Tak hanya itu, Ganjar mengungkapkan Presiden juga menyampaikan rencana pemerintah pusat untuk membuat omnibus law demi merangkum banyaknya undang-undang yang tumpang-tindih.

Merespons hal tersebut, dia menyebut Pemerintah Jawa Tengah sudah melakukan penyederhaan sejumlah peraturan daerah (perda) untuk mempersingkat birokrasi perizinan.

“Jadi, perda sih sebenernya tidak terlalu banyak mengganggu ya. Yang mengganggu itu, sikap politik yang njelehi [menyebalkan] gitu lho. Saya mau ada investasi nih, 30 sekian triliun. Tata ruangnya nggak beres-beres di kabupaten, terus kita minta kapan mau itu diselesaikan, ya pak ini masih negosiasi'. Oh enggak, itu komitmen rendah,” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi menambahkan Presiden Jokowi hanya membahas soal pembangunan infrastruktur di provinsi yang dipimpinnya. Utamanya, dia menyebut pembangunan ekonomi di Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Nagaro.

“Kalau di Jawa, di Jakarta ini Jabodetabek deh. Nah dengan rencananya Presiden, rencananya nasional kita sinkronkan dengan rencana di daerah. Itu yang tadi kami bicarakan, saya menghadap khusus untuk membicarakan hal itu,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper