Presiden Jokowi Tuntut Bank Tidak Hanya Biayai Perusahaan Kakap

Kepala Negara juga menuntut perbankan membiayai usaha yang variatif dan tidak fokus pada sektor usaha yang monoton dan "itu-itu saja"
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 06 November 2019  |  13:55 WIB
Presiden Jokowi Tuntut Bank Tidak Hanya Biayai Perusahaan Kakap
Presiden Joko Widodo memberikan sambuatn dalam acara Indonesia Banking Expo 2019. - Setkab

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo meminta kalangan bank tidak hanya menyalurkan kredit ke usaha besar, melainkan juga ke usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Pernyataan itu disampaikan oleh Jokowi di depan para bankir saat menyampaikan pidato dalam acara pembukaan Indonesia Banking Expo 2019 di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

"Saya mengajak bapak ibu semuanya jangan hanya membiayai yang besar-besar saja. Memang enak membiayai yang besar-besar itu. Saya tahu. Sekali lagi jangan membiayai yang besar-besar saja. Saya ulangi jangan hanya membiayai yang besar-besar saja," kata Presiden Jokowi.

Selain itu, Kepala Negara juga menuntut perbankan membiayai usaha yang variatif dan tidak fokus pada sektor usaha yang monoton dan "itu-itu saja".

Presiden meminta bank untuk mengawal usaha mikro dan kecil. Jumlah usaha berskala mikro dan kecil, menurut Jokowi, sangat besar yaitu mencapai 60 juta.

Jokowi berharap bank yang menyalurkan kredit untuk usaha mikro dan kecil bukan hanya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

"Kita tahu, saya tahu, bahwa memberikan ke yang besar itu untungnya besar dan biaya lebih murah. Kalau yang kecil biaya lebih tinggi, capek, untungnya lebih kecil. Saya tahu. Tapi saya mengajak kepada kita semuanya untuk mulai mau memerhatikan mereka untuk masa depan bangsa dan negara kita," kata Jokowi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, bank, perbankan

Editor : Stefanus Arief Setiaji
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top