Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Revisi Rencana Induk Jaringan Gas Bumi Nasional Terbit Pekan Depan

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) segera menerbitkan revisi Rencana Induk Jaringan Gas Bumi Nasional (RIJGBN) pada pekan depan. 
David Eka Issetiabudi
David Eka Issetiabudi - Bisnis.com 31 Oktober 2019  |  09:38 WIB
Petugas PGN memeriksa jaringan gas untuk rumah tangga di Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (21/3/2019). - ANTARA/M Agung Rajasa
Petugas PGN memeriksa jaringan gas untuk rumah tangga di Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (21/3/2019). - ANTARA/M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) segera menerbitkan revisi Rencana Induk Jaringan Gas Bumi Nasional (RIJGBN) pada pekan depan. 

Pelaksana Tugas Dirjen Migas Djoko Siswanto mengamini penerbitan landasan kebijakan untuk lelang wilayah jaringan distribusi gas akan segera terbit. “Insyaallah minggu depan terbit,” tuturnya, Rabu (30/10/2019). 

Untuk Rencana Induk Jaringan Transmisi dan Distribusi Gas Bumi Nasional 2010—2025, Kementerian ESDM pertama kali menerbitkan aturannya yang tertuang dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 0225 K/11/MEM/2010 tanggal 27 Januari 2010. 

Rencana Induk Jaringan Transmisi dan Distribusi Gas Bumi Nasional memuat informasi terkait dengan target waktu pembangunan dan pengoperasian serta kapasitas infrastruktur yang digunakan sebagai acuan dalam pembangunan dan pengembangan infrastruktur gas bumi, keputusan investasi, dan pengembangan pasar gas bumi domestik. 

Penyiapan Rencana Induk Jaringan Transmisi dan Distribusi Gas Bumi Nasional dilakukan berdasarkan kajian teknis dan ekonomis yang selaras dengan neraca gas bumi Indonesia dan perencanaan infrastruktur gas bumi serta dengan mengoptimalkan infrastruktur yang sudah ada. 

Penerbitan revisi RIJGBN ini diharapkan dapat lelang wilayah jaringan distribusi (WJD) gas existing. 

Kepala Badan Pengatur Hilir Pengatur Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Fanshurullah Asa optimistis Kementerian ESDM segera menerbitkan keputusan menteri (kepmen) yang merupakan revisi RIJGBN yang ada saat ini. 

“SK-nya sudah keluar, BPH Migas akan melelang [WJD],” tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gas bph migas
Editor : Lucky Leonard

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top