Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mendag AS Wilbur Ross Akan Kunjungi Indonesia, Ada Misi Apa?

Menteri Perdagangan Amerika Serikat Wilbur Ross bersama delegasi bisnis dari negaranya akan melakukan kunjungannya ke Indonesia pada awal bulan depan. Sejumlah agenda bisnis pun disiapkan dalam agenda bisnis tersebut.
Menteri Perdagangan Amerika Wilbur Ross/Reuters
Menteri Perdagangan Amerika Wilbur Ross/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan Amerika Serikat Wilbur Ross bersama delegasi bisnis dari negaranya akan melakukan kunjungannya ke Indonesia pada awal bulan depan. Sejumlah agenda bisnis pun disiapkan dalam agenda bisnis tersebut.

Dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis dari Kedutaan Besar AS, Ross akan mengunjungi Indonesia, Thailand dan Vietnam pada 3-8 November 2019. Adapun, dalam kunjungannya ke Thailand Ross dijadwalkan menghadiri Indo-Pacific Business Forum di Bangkok.

Misi ini mendukung tujuan Presiden Trump mempercepat kegiatan perdagangan AS di wilayah tersebut, mendukung peluang ekspor bagi perusahaan AS yang juga menciptakan lapangan kerja, serta memenuhi kebutuhan kawasan untuk pertumbuhan dan perkembangan ekonomi,” tulis Kedutaan Besar AS dalam siaran persnya, Selasa (29/10/2019).

Kedutaan Besar Paman Sam menyebutkan, kunjungan bisnis tersebut akan menunjukkan komitmen AS untuk menjalin kemitraan ekonomi berkelanjutan dengan Thailand, Indonesia dan Vietnam.

Adapun, kunjungan bisnis itu memiliki sejumlah misi utama. Pertama, mendukung sasaran pengembangan bisnis perusahaan AS di wilayah Indo-Pasifik.

Kedua, dalam kunjungannya ke Indonesia dan dua negara lainnya, Ross juga akan membantu perusahaan AS mengidentifikasi mitra potensial serta strategi untuk mendapatkan akses ke setiap pasar di Indonesia, Thailand dan Vietnam.

Ketiga, membantu memastikan proses pengadaan yang adil, terbuka dan transparan di tiap Negara.Hal itu dibutuhkan  untuk mendukung reformasi yang membantu memastikan perusahaan-perusahaan yang berkantor pusat di AS memiliki kesempatan yang sama untuk bersaing dan memenangkan kontrak sektor publik dan swasta di wilayah Indo-Pacific.  

Keempat, memeperkuat dukungan pemerintah AS untuk kegiatan bisnis AS di tiap pasar dan untuk memberikan akses menuju pembuat keputusan senior di pasar Indonesia, Thailand dan Vietnam.

Kelima, mendengarkan kebutuhan, saran, dan pengalaman masing-masing negara yang dikunjungi untuk membantu menentukan posisi pemerintah AS yang tepat untuk kepentingan bisnis AS di kawasan tersebut.

Keenam, menggelar sejumlah acara pertemuan antara pemerintah dan pelaku usaha, maupun antarsesama pelaku usaha dan sesama asosiasi pengusaha di tiap negara

Adapun, dalam kunjungannya ke Indonesia, Thailand dan Vietnam, Ross akan mengajak delegasi bisnis yang terdiri dari CEO dan eksekutif senior dari 12-25 perusahaan AS. Sektor-sektor bisnis yang akan dilibatkan dalam kunjungan bisnis tersebut a.l.  energi, infrastruktur, dan digital. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper