Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Dunia : China Paling Banyak Telurkan Reformasi Kebijakan

China berada di peringkat ke-31 dari 190 negara dalam laporan Doing Business dari Bank Dunia.
Yuan./Bloomberg
Yuan./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA -- China menjadi negara yang paling banyak melakukan reformasi kebijakan untuk meningkatkan kemudahan berusaha

Hal ini tercatat dalam laporan Ease of Doing Business (EoDB) yang dikeluarkan oleh Bank Dunia, belum lama ini.
 
Menurut laporan tersebut, seperti dikutip Bisnis pada Minggu (27/10/2019), China melaksanakan perubahan terhadap 8 dari 10 indikator, yaitu memulai usaha (starting a business), penanganan izin konstruksi (dealing with construction permits), elektrifikasi (getting electricity), dan perlindungan terhadap investor minoritas (protecting minority investors). 
 
Selain itu, perbaikan juga dilaksanakan pada indikator membayar pajak (paying taxes), perdagangan lintas batas (trading across borders), penegakan hukum terhadap kontrak (enforcing contracts), serta penyelesaian perkara kebangkrutan (resolving insolvency).
 
Perbaikan-perbaikan tersebut membuat nilai indeks kemudahan berusaha China melonjak 4 poin jika dibandingkan dengan 2018, dan menempatkan negara itu ke peringkat ke-31 dari 190 negara. 
 
Dalam laporan tersebut, China melakukan penyederhanaan persyaratan untuk konstruksi berisiko rendah. Hal ini dilakukan dengan efisiensi proses memperoleh sambungan air dan drainase.
 
Lebih lanjut, proses konstruksi menjadi lebih aman karena persyaratan yang makin ketat bagi orang-orang yang bertanggung jawab melakukan inspeksi teknis. Negeri Panda juga memangkas waktu tunggu untuk semua izin wajib sebanyak 44 hari.
 
Di sektor elektrifikasi, China juga memperbaiki proses aplikasi penghubungan gedung baru ke jaringan listrik. Hal ini ditambah dengan pembayaran biaya listrik yang lebih transparan.
 
Tidak hanya itu, China juga turut membantu perusahaan kecil dan menengah dalam mengakses pasar internasional dengan menerapkan deklarasi kargo di muka, meningkatkan infrastruktur pelabuhan, optimalisasi administrasi bea cukai, serta mempublikasikan jadwal biaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper